KERJASAMA FAKULTAS HUKUM UNIDA DAN BADAN PEMBINAAN HUKUM NASIONAL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM R.I. TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN KONSULTASI HUKUM

Pada hari Rabu tanggal 3 Juni 2015 Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI mengadakan kerjasama melalui Surat Perjanjian (MoU) Nomor : PHN.HN.03.01-157 yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor Hj. Endeh Suhartini, SH, MH., dan Kepala BPHN Kementerian Hukum dan HAM RI Dr. Enny Nurbaningsih, SH., M.Hum., tentang Pelaksanaan Kegiatan Konsultasi Hukum. Kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional telah terjalin sejak tahun 2008 sampai dengan saat ini, sehingga kerjasama tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara rutin.

Sebagai tindaklanjut kerjasama tersebut Fakultas Hukum telah melaksanakan kegiatan pelayanan dan konsultasi hukum pada Hari Jumat, tanggal 13 Juli 2015 bertempat di Desa Banjarwangi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Dekan Fakultas Hukum UNIDA Ibu Hj. Endeh Suhartini, SH, MH. pada kesempatan tersebut membuka secara resmi kegiatan pelayanan dan konsultasi hukum. Pada acara pembukaan pelayanan dan konsultasi hukum tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Banjarwangi Eman Sulaeman, SH, pihak Polsek Ciawi, Ketua Satpol PP Kecamatan Ciawi, Tokoh masyarakat, serta masyarakat yang akan membutuhkan pelayanan hukum. Adapun tim konsultan hukum dari Fakultas Hukum yang bertugas pada kegiatan tersebut adalah : Hj. Endeh Suhartini, SH, MH., Dr. H. Martin Roestamy, SH, MH., Dr. H. TN. Syamsah, SH, MH., Dadang Suprijatna, SH, MH., Ani, Yumarni, SHI, MH., Mulyadi, SH, MH., Ika Darmika, SH, MH., Nurwati, SH., MH., Dr. H. Ujang Bahar, SH, M.Si., Inayatullah Hasyim, LLB, LLM., Junaidi, SH., MH., Aal L. Hakim, SH, MH., H. Sudri Heryana, SH, MH., H. Krisna R Sempurnadjaya, SH, MH., J. Jopie Gilalo, SH, MH., Sudiman Sihotang, SH, MH, Fahrul Siregar, SH, MH., serta didampingi oleh Ketua BEM FH dan beberapa anggotanya.

Kegiatan pelayanan dan konsultasi hukum tersebut mendapat sambutan yang cukup besar dari masyarakat, hal ini terlihat dengan banyaknya masyarakat yang datang untuk berkonsultasi. Permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat dalam konsultasi hukum tersebut antara lain : masalah perkawinan, kewarisan, pertanahan, hukum pidana, dan hukum perdata. Dari sekian permasalahan yang ada di masyarakat telah direncanakan program lanjutan berupa kajian/penelitian tentang pengesahan nikah siri yang insya Allah akan dibicarakan kerjasama FH UNIDA Bogor dengan Pemerintah Desa Banjarwangi Kecamatan Ciawi, hal ini sebagi perwujudan pelaksanaan program Desa Binaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *