PGSD UNIVERSITAS DJUANDA GELAR SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

PGSD UNIVERSITAS DJUANDA GELAR SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Pada hari Senin, 22 Mei 2017 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Djuanda Bogor mengadakan Seminar dan Workshop Nasional dengan tema “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Belajar”. Dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang peserta seminar dan 75 orang peserta workshop nasional. Peserta tidak hanya terdiri dari mahasiswa Universitas Djuanda Bogor saja, tetapi dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta terdiri dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), STIKOM Al-Khairiyah Cilegon, Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Universitas Muhammadiyah Bogor, Politeknik Enjinering Indorama, Mabes Polri, Universitas Pakuan, Universitas Tadulako Makassar, Universitas Indraprasta, Universitas Riau, STKIP Kusuma Negara, Universitas Aceh, STKIP Muhammadiyah Bogor, STKIP Kusuma Negara, Institut Laroiba, dan Institut Purwokerto.

Acara seminar dan workshop nasional ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Djuanda Bogor yaitu Bapak Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. Dengan pemateri pertama yaitu Rudi Hartono, M.Pd dengan topik pembahasan “Pengembangan LMS (Learning Manajemen Sistem) Berbasis IT, pemateri kedua Dr. Chandra A. Putra M.I.Kom dengan topik pembahasan “Meningkatkan Kreativitas Melalui Media Pembelajaran Berbasis IT (Macromedia Flash) dan pemateri ketiga yaitu Dr. Widyasari, M.Pd dengan topik pembahasan “Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaaatan IT (Blended Learning) daan Wajah Kemandirian Belajar Mahasiswa Indonesia”.

Seminar berlangsung dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan workshop pada pukul 13.00 sampai 15.40 WIB. Ketua pelaksana, Muhammad Trisna Nugraha, menyampaikan bahwa dengan diadakannya kegiatan seminar dan workshop nasional ini diharapkan para peserta yang sebagian besar adalah pendidik mampu mengembangkan kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis IT sebagai acuan dan pendukung dalam proses meningkatkan mutu pendidikan.