Tinggi Ilmuku, Mulia Akhlakku, Lestari Kebudayaanku

Tinggi Ilmuku, Mulia Akhlakku, Lestari Kebudayaanku

Setiap orang tua ingin anaknya menjadi cerdas, memililki kekuatan ataupun terasah bakatnya. Kecerdasan, kekuatan dan bakat tersebut memerlukan konfirmasi dari orang tua yang mengetahui keseharian anaknya. Rasanya tepat jika orang tua dapat membantu anak untuk menemukan bakat mereka, dengan memberi kesempatan pada anak melakukan aktivitas yang beragam. Semakin beragam aktivitas semakin besar kesempatan anak mengeksplorasi bakatnya.

Himpunan Mahasiswa PGSD Universitas Djuanda menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan ajang pengasahan dan pengeksplorasian bakat melalui Gebyar Pelaksana Pendidikan dan Seni (GALAKSI) 2014. Di samping dalam rangka memperingati Milad ke-27 UNIDA, kegiatan yang diselenggarakan 3 – 4 April ini merupakan ajang pendekatan mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar terhadap dinamika anak-anak, sebelum mahasiswa terjun langsung mendidik anak-anak usia pra sekolah maupun sekolah dasar. Kegiatan ini juga merupakan syiar kepada khalayak mengenai aktivitas yang kerap dimeriahkan program studi PGSD Unida, dengan harapan dapat meningkatnya apresiasi masyarakat yang terwujud dengan bertambahnya mahasiswa yang akan menempuh jenjang perguruan tinggi program studi PGSD di tahun-tahun mendatang. Sumiati selaku Ketua pelaksana GALAKSI 2014 mengungkapkan, “Tujuan paling utama dari rangkaian GALAKSI 2014 ini untuk membangkitkan minat dan bakat anak-anak. Berbagai perlombaan yang meliputi Lomba Pidato, Menggambar, Menyanyi dan Cerdas Cermat ini dimaksudkan untuk melatih dan mengembangkan kreativitas mereka, memunculkan seniman-seniman muda yang mungkin akan bermunculan melalui ajang pencarian bakat seperti ini. Lomba cerdas cermat yang mengikutsertakan peserta didik jenjang SD/MI se-Bogor Raya bertujuan untuk mengasah kemampuan para siswa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.”

 

 

Sebagai lembaga pendidikan yang mengkhususkan pada program pengajaran dan pendidikan guru sekolah dasar, FKIP PGSD UNIDA merasa memiliki tanggung jawab moral terhadap peningkatan semangat belajar dan prestasi anak-anak didik. “Sesuai tema yang diangkat, GALAKSI 2014 ingin mewujudkan generasi yang tinggi ilmunya, yakni ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan mengamalkan ilmu tersebut, semoga anak-anak ini menjadi manusia yang berakhlak mulia, kelak menjadi calon pemimpin yang penuh kreativitas, amanah dan mencintai bangsa juga mengenal nilai-nilai budayanya.” ungkap Sumiati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *