Oleh: Ruhimat, S.Sos., M.I.Kom
(Kepala Biro Perpustakaan Universitas Djuanda)

HUT Perpustakaan dan Harbuknas harus dijadikan sebagai momentum untuk mengakui bahwa perpustakaan merupakan elemen penting dari peradaban manusia dan sektor pendidikan. Dengan Keberadaan perpustakaan dapat melahirkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera. Perpustakaan yang merupakan sumber informasi penting untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan kebudayaan, berperan dalam menciptakan masyarakat yang terdidik, cerdas, dan makmur.

Untuk mencapai itu, menurut Plt Perpusnas Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D mengatakan bahwa, konsep literasi jangan rumit agar implementasinya tidak sulit.

Menurut beliau lanjutnya bahwa jangan gunakan konsep yang rumit untuk merusak pemahaman kita tentang literasi. Literasi adalah kemampuan untuk mengolah dan menggunakan informasi, baik tekstual maupun non-tekstual, untuk meningkatkan kemampuan hidup kita. Hal ini disampaikan pada penutupan Rapat Koordinasi Nasional Perpusnas yang dilaksanakan dari tanggal 14 – 15 Mei 2024. Rakornas Perpustakaan Nasional 2024 ini mengusung tiga isu utama yaitu Penguatan Budaya Baca dan Literasi, Pengarusutamaan Naskah Kuno Nusantara, serta Standardisasi dan Tenaga Perpustakaan. Rakornas itu sendiri menghasilkan 24 rekomendasi yang didapat dari diskusi kelompok terpumpun (FGD) di mana setiap isu utama menghasilkan delapan rekomendasi. Peserta Rakornas 2024 dihadiri dihadiri secara luring 920 peserta yang terdiri dari kepala daerah, kepala dinas perpustakaan provinsi dan kabupaten/kota, ketua forum perpustakaan/penerbit/pengusaha rekaman dan pihak yang telah melakukan kerja sama dengan Perpusnas.

Rakornas merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun perpustakaan nasional yang tahun ini mengusunng tema “Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi.

Rangkaian ulang tahun perpustakaan tahun 2024 ini banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan, seperti"Festival Literasi Nusantara" yang merupakan bagian dari serangkaian acara dalam perayaan Hari Ulang Tahun Perpusnas yang berlangsung dari 13 hingga 19 Mei 2024. Dalam Festival Literasi Nusantara, berbagai kegiatan seperti pameran, bazar, seminar, dan Pekan Literasi Sejarah akan diselenggarakan untuk mendukung literasi masyarakat. Harapannya, kegiatan ini akan meningkatkan pelayanan publik dan mendapat apresiasi lebih dari masyarakat. Selain itu, Perpusnas juga akan mengadakan Pekan Literasi Sejarah untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional, Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional, dan Hari Kebangkitan Nasional dengan memamerkan barang-barang bersejarah pendidikan negara.

Akhir Kata Selamat Ulang Tahun Perpustakaan Nasional dan Hari Buku Nasional.