Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Peringatan Nujulul Quran di Masjid Baitul Hamdi UNIDA Bogor pada Selasa, 19 April 2022. Dalam kegiatan tersebut tausiyah diisi oleh Dosen Fakultas Hukum UNIDA Bogor, H. Inayatullah A. Hasyim, LL.B., LL.M serta dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH, Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH beserta jajaran. Kegiatan Nuzulul Quran merupakan kegiatan rutin tahunan UNIDA Bogor yang diselenggarakan setiap tanggal 17 Ramadan di tiap tahunnya.    

Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan untuk memperingati Nujulul Quran dan pada dasarnya Al-Quran kemuliaannya dijaga langsung oleh Allah SWT.

“Mari kita amalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan kegiatan Nujulul Quran ini dapat berjalan lancar dan memberikan keberkahan bagi kita semua,” tutur Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH.

Selanjutnya Dosen FH UNIDA Bogor, H. Inayatullah A. Hasyim, LL.B., LL.M dalam tausiyahnya menyampaikan kemuliaan Al-Quran akan selalu terjaga dan tidak pernah hilang walaupun ada yang melecehkan bahkan merobek-merobeknya karena Al-Quran dipelihara dan dijaga oleh Allah SWT.

“Di perpustakaan University of Birmingham ditemukan pragmen Al-Quran yang diidentifikasi berasal dari zaman Utsman Bin Affan dan belum ada tanda titik tetapi kalimatnya sama persis dengan apa yang kita baca pada saat ini yang menandakan Al-Quran memang terjaga. Lalu Al-Quran menyebar luas, sehingga saat ini dalam Al-Quran ada tanda titik. Bahwa walaupun wahyu Allah ditulis belakangan pada saat turun wahyu akan tetapi kalimatnya tidak pernah berubah dari saat wahyu diturunkan. Semoga dengan peringatan Nujulul Al-Quran ini termasuk dalam upaya kita untuk menjaga Al-Quran dan semoga majelis ini menjadi berkah untuk kita semua," ungkap H. Inayatullah A. Hasyim, LL.B., LL.M.