Kelompok 23 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) selenggarakan Webinar Series Part 1 yang bertemakan “Inspiring Talk : Yang Muda, Yang Berkarya, Produktif di Masa  Pandemi untuk Mewujudkan Generasi Gemilang Abad 21” yang diselenggarakan secara daring dengan aplikasi Zoom Cloud Meetings (14/8). Kegiatan ini diisi oleh Meyda Sefira, S.T. M. T. serta turut dihadiri oleh Dekan FKIP UNIDA Bogor, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd. beserta jajaran.

Dekan FKIP UNIDA Bogor, Zahra Khusnul Latifah, M. Pd. Dalam pemaparan sambutannya menyatakan bahwa dengan narasumber yang luar biasa ini di webinar kali ini semoga dapat menularkan semangat berkarya kepada anak-anak muda yang hadir di dalam zoom meeting ini. Ada sebuah kata-kata yang sering digaungkan dan yang sesuai dengan tema Yang Muda Yang Berkarya ini  adalah perkataan dari Bung Soekarno yaitu “Beri aku 10 pemuda maka, akan aku goncangkan dunia” maka, betapa signifikasi peran pemuda dalam pembangunan bangsa bukan hanya sebagai agent of change tetapi, sekaligus sebagai agent of development. Maka, seharusnya seorang pemuda harus melihat peluang-peluang untuk menjadi gebrakan baru dalam kehidupannya dizaman digital seperti ini.

“Jika melihat sejarah Islam, kita mempunyai pahlawan muda yaitu Muhammad Al Fatih atau Sultan Mehmed II yang menaklukkan Konstantinopel, negara yang sangat besar di Romawi Timur diusia 25 tahun dan ini dapat menjadi teladan untuk kita. Serta dari para pemuda semoga dapat menjadi pemimpin bangsa masa depan dalam menggali kreativitas dan inovasi untuk pembangungan bangsa negeri Indonesia,” ungkap Zahra Khusnul Latifah, M. Pd.

Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. H. Asmil Ilyas. MA. dalam sambutannya menyatakan bahwa Pendidikan merupakan sebuah proses untuk membentuk manusia yang tidak hanya cerdas secara intelektual, mampu berpikir secara saintifik dan filosofis tetapi mampu   mengembangkan spiritual dan emosionalnya.

“Pendidikan tanpa guru ibaratkan ruangan tanpa cahaya, karena dengan guru adalah dapat menciptakan generasi yang gemilang Abad ke-21.  Pemuda harus mampu berpikir kritis seperti selalu  berkreativitas dan berinovasi dalam mewujdukan generasi gemilang Abad ke-21,” tutur Dr. H. Asmil Ilyas. MA.

Meyda Sefira, S.T. M.T. selaku narasumber dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa Produktif adalah hal yang dapat mengembangkan diri kita dan mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat dan positif. Produktif itu boleh saja diam tetapi diam itu karena ada waktunya kita untuk istirahat dan ada waktunya untuk kita berkegiatan. Produktif adalah sebuah kesadaran seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat membuatnya berpikir bahwa hidup itu sebatas, dengan waktu yang terbatas itu maka, pergunakanlah dengan baik-baiknya. Karena waktu kita sedikit, suksesnya kita ditunggu oleh banyak orang. Bukan hanya untuk diri sendiri. Ditunggu orang tua, ditunggu guru, ditunggu teman dan sahabat kita, dan ditunggu semuanya.

“Diri kita di masa depan menunggu peran kita saat ini. Masa depan adalah akumulasi dari diri kita saat ini. Setidaknya di masa depan, kita tidak memulai dari awal karena sudah kita mulai dimulai saat ini. Jika langkah kita tidak direstui orang tua, maka sampaikan tujuan kita kenapa kita mau ambil langkah itu secara detail. Perbanyak obrolan-obrolan kecil harian untuk membangun dan saling mengetahui "apa mau kita. Impian kita haruslah selaras dengan misi agar kita lebih mudah untuk memulainya, kuatkan niat dan didorong dengan nilai maksudnya adalah berbicaralah jika kita mengetahui dan diam ketika kita tidak tahu apa yang dibicarakan. Lihatlah apa bakat dan kemampuan kita karena Allah sudah menciptakan kita untuk menjadi pemimpin atau khalifah dimuka bumi ini,” tutur Meyda Sefira, S.T. M.T.