Biro Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertfikat (MSIB) Angkatan 7 dan Kampus Mengajar (KM) Angkatan 8 secara daring dengan menggunakan Zoom Meetings Cloud pada Kamis, 16 Mei 2023.

Sosialisasi tersebut diisi oleh Tim Biro Dikjar UNIDA dan dihadiri oleh Rektor UNIDA, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D beserta jajaran, Kepala Biro (Kabiro) Dikjar, Dr. La Ode Amril, M.Pd beserta jajaran serta diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi di UNIDA.

Rektor UNIDA, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D dalam sambutannya menyatakan bahwa program ini dirancang untuk memberi pengalaman praktis dan wawasan lapangan dan industri kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat kesempatan untuk mengembangkan bidang praktisnya, memperluas jaringan dan juga untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja kelak.

“UNIDA akan terus mendukung kedua program ini dikaranakan memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa dan dosen serta masyarakat luas. Bagi mahasiswa yang nanti ikut dalam program ini, jadilah perwakilan kampus yang menjaga nama baik diri dan juga kampus dengan sikap profesional yang berbasis tauhid,” tuturnya.

Selanjutnya, Dr. Laode Amril, M.Pd dalam paparan materinya menyampaikan bahwa KM adalah program kanal pembelajaran yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester guna melatih kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.

“Pendaftaran KM 8 sendiri dibuka pada tanggal 6 Mei sampai dengan 2 Juni 2024. Ada pun syarat dalam mendaftar KM 8 yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), mahasiswa aktif baik akademik maupun vokasi, berasal dari program studi yang terakreditasi pada PTN ataupun PTS di bawah koordinasi Kemendikbudristek, minimal berada pada semester 4 pada saat pelaksanaan dengan IPK minimal 3.00 saat mendaftar, belum pernah ditetapkan sebagai peserta di program KM sebelumnya serta bersedia mengikuti, melaksanakan dan menyelesaikan program KM hingga selesai,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Resti Yektyastuti, M.Pd selaku narasumber dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa program MSIB sendiri telah dijalankan selama 6 semester dan merupakan wujud nyata untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia utamanya dalam hal keterserapan di dunia kerja.

“Persyaratan MSIB yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yaitu merupakan WNI dan mahasiswa baik dari PTN maupun PTS D2, D3, D4 dan S1 yang bukan alih jenjang atau lintas jalur, minimum semester saat mendaftar yaitu semester 2 untuk D2-D4 dan semester 4 bagi jenjang S1. Syarat selanjutnya yaitu merupakan mahasiswa aktif saat mendaftar, memperoleh izin dari orang tua dan ketua program studi serta pimpinan perguruan tinggi, mendaftar disitus web kampusmerdeka.kemdikbud.go.id serta memenuhi kualifikasi yang ditentukan mitra,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan testimoni dari mahasiswa yang ikut pada kedua program tersebut serta sesi tanya jawab.