Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) selenggarakan Collaboration Meeting secara luring di Aula Gedung E-F UNIDA Bogor pada Kamis, 22 September 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, S.H., M.H beserta jajaran dan Pengarah UKMShape, Prof. Dr. Datuk Dr. Muhmmad Bin Husin beserta jajaran.

Pertemuan ini berisi kegiatan penandatanganan Letter of Intent, Letter of Agreement, dan Implementation of Agreement antara UNIDA Bogor dan UKM serta dilanjutkan dengan diskusi mengenai apa saja yang bisa dikerjasamakan kedepannya antara UNIDA Bogor dan UKM Malaysia.

Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, S.H., M.H dalam paparan sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat datang di UNIDA Bogor. Pertemuan ini merupakan agenda UNIDA Bogor untuk pencapaiain visi dan misi. Visi UNIDA Bogor yaitu menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia serta memiliki ciri khas yaitu diantaranya memiliki tagline “Kampus Bertauhid” dan juga memiliki 21 Nilai Karakter Bertauhid untuk mendorong terwujudunya lulusan cerdas inteletual, spritual, emosional, sosial, berkompeten serta berjiwa wiirausaha yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa serta menjadi rahmatan lil alamin. Untuk salah satu mencapai misi dan misi UNIDA Bogor yaitu kerjasama dengan universitas lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri yang salah satunya kegiatan seperti hari ini yaitu menjalin kerja sama dengan UKM.

“Setelah pertemuan kali ini secepatnya akan dilanjutkan dengan kegiatan MoU serta MoA dan diusahakan UNIDA Bogor secapatnya akan berkunjung ke UKM. Ada beberapa hal yang bisa dikerjasamakan antara UNIDA Bogor dan UKM seperti studi lanjut, kerja sama penelitian, pengabdian kepada masyarakat atau bisa kerja sama dalam publikasi, seminar internasional, pertukaran mahasiswa, dosen temu, kuliah umum dan kerja sama lainnya. Diharapkan kegiatan kerja sama antara UNIDA Bogor dan UKM dapat diimplementasikan dengan berbagai kegiatan,” tutur Prof. Dr. Suhaidi, S.H., M.H.

Pada kesempatan yang sama, Pengarah UKMShape, Prof. Dr. Datuk Dr. Muhmmad Bin Husin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada UNIDA Bogor atas kerja sama yang dibangun ini. UKM sekarang ini berada diperingkat 129 dalam QS World Ranking dan UKM bertujuan untuk menjadi top 100 universitas terbaik dunia di bawah QS World Rangking. Ada 13 fakultas dan 13 institute dan perbedaan antara fakultas dan institute di UKM yaitu diantaranya fakultas menawarkan program S1,S2 dan S3 sedangkan untuk institute menawarkan hanya S2 dan S3 serta berfokus pada satu bidang pengkajian. UKM ini adalah satu-satunya universitas yang bersifat kebangsaan di Malaysia dan bahasa pengantarnya yaitu bahasa Melayu.

“UKM menawarkan kepada UNIDA Bogor untuk berkerja sama dan InsyAllah UKM akan terus membantu memberi bimbingan untuk peningkatan UNIDA Bogor seperti yang disampaikan oleh Rektor UNIDA Bogor untuk mencapai UNIDA unggul,” ungkap Prof. Dr. Datuk Dr. Muhmmad Bin Husin.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara UNIDA Bogor, UKM dan tamu undangan yang mewakili perguruan tinggi yang ada di wilayah Bogor.