Fakultas Teknik dan Ilmu Pangan Halal (FTIPH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Penjajakan Kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor yang diselenggarakan secara luring di Ruang Senat UNIDA Bogor dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat pada Selasa, 28 Desember 2021. Penjajakan ini membahas kerjasama apa saja yang akan di jalin dan diimplementasikan terutama mengenai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penjajakan ini dihadiri oleh Kabid. Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Sri Ariantoko beserta jajaran dan Dekan FTIPH UNIDA Bogor, Ir. Amar Maruf, M.Si. beserta jajaran serta Direktur Direktorat Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri (DKHLN) UNIDA Bogor, Radif Khotamir Rusli, M.Ed.

Dekan FTIPH UNIDA Bogor, Ir. Amar Maruf, M.Si. dalam paparannya menyatakan bahwa mahasiswa saat ini berkuliah selama 8 semester dan 3 semester dalam MBKM ini dapat diambil di luar kampus baik di kampus lain dan dunia industry sehingga dapat memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi perkembangan dan pembelajaran mahasiswa.

Kabid. Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Kabupaten Bogor, Sri Ariantoko dalam pameparannya menyatakan bahwa Dinas Ketahanan Pangan Kabuapaten Bogor dan UNIDA Bogor khususnya FIPHAL bisa bersinergi dengan bekerjasama untuk saling memberikan manfaat khususnya mengenai ketahanan pangan dan dapat diimplememtasikan dalam MBKM. Diharapkan pembahasan ini dibahas dari awal sampai akhir untuk nantinya ditindaklanjuti dengan penandantanganan nota kesepahaman.

Wakil Dekan I FTIPH UNIDA Bogor, H. Ahmad Syarbaini, S.TP., M.Si dalam paparannya menerangkan bahwa MBKM ini adalah program dari Kemendikbud. Melihat beberapa kendala dari output mahasiswa di dunia kerja maka tercetuslah konsep MBKM untuk menjawab kesulitan alumni di dunia kerja. Dimana mahasiswa dapat belajar di luar kampus akan tetapi dapat di konversikan pada SKS, dalam program magang yang dimana mahasiswa dapat magang selama satu semester dan dapat disetarakan 20 SKS.

?Dengan program ini diharapkan mahasiswa dapat banyak belajar di dunia kerja dengan memahami konsep-konsep kerja di dunia kerja sebenarnya sampai dengan satu semester. Dalam konsep ini diperlukan satu payung hukum sehingga banyak memberikan manfaat untuk berbagai pihak sehingga disusunlah program MBKM ini,? tutur H. Ahmad Syarbaini, S.TP., M.Si.

Wakil Dekan III FTIPH UNIDA Bogor, Aminullah, S.TP., M.Si. menambahkan bahwa kerjasama ini fokus pada implementasi MBKM. Tujun kerjasama ini agar saling membantu dalam program ketahanan pangan dan dapat diimplementasikan dengam program magang, bidang penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat.