Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui mahasiswa Sains Komunikasi Angkatan 2018 selenggarakan Webinar Event Organizer yang bertajuk “How To Organizing an Event In Pandemic Era” dan diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings (3/7). Webinar tersebut diisi oleh Direktur Utama PT. Representasi Mitra Mandiri, Ir. Hj. Anni Nuraini, MT.  dan Leader of Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor, Hendi Novian dan juga turut dihadiri oleh Dekan FISIP UNIDA Bogor, Drs. Hernawan, MA. beserta jajaran.

Tujuan dari diadakannya webinar tersebut dikarenakan pandemi COVID-19 yang kian melonjak hingga kini, memaksa harus hidup dengan sistem “New Normal” atau tatanan baru. Namun segala aspek kehidupan harus lah tetap dijalankan baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosal, budaya, dan lain-lain. Termasuk penyelenggaraan suatu acara atau event yang dinilai cukup beresiko dan riskan jika diadakan di tengah pandemi COVID-19. Karena itu lah webinar ini bertujuan untuk mengulas dan memperlajari bagaimana cara menyelenggarakan acara di masa pandemi COVID-19.

Dekan FISIP UNIDA Bogor, Dr. Ir. Denny Hernawan, MA. dalam sambutannya menyatakan bahwa Ini merupakan sebuah momen yang dinilai positif kemudian pada satu sisi berdasarkan informasi yang didapatkan pada satu sisi ini merupakan untuk ujian event organizer, namun pada presepktif lain dari sudut pandang lain narasumber sekrang juga bukan berdasarkan pada kalangan akademik saja tetapi juga kalangan praktisi.

“Maka dengan demikian mahasiswa yang mengikuti webinar kali ini akan mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam lagi mengenai event organizer terutama di masa COVID-19,” ungkap Drs. Denny Hernawan, MA.

Kepala Program Studi Sains Komunikasi, Maria Fitriah S.Sos., M.Si. dalam pemaparan sambutannya menyatakan webinar kali ini luar biasa menarik  dengan mengusung tema “How to Organizing an event in pandemic era” bagaimana event  organizer tetap berjalan dengan menarik meskipun di era pandemi seperti ini.

“kita tentu tahu event atau acara di segala sektor pendidikan maupun sektor ekonomi, sektor pariwisata dan sebagainya ini sangat berdampak besar pengaruhnya bagi kehidupan kita semua untuk menuju kesejahteraan masyarakat. Untuk itu bagaimana kita mengelola event organizer yang tetap tidak mengurangi kebutuhan konsumen dan tetap memberikan kepuasan tersendiri untuk kita semua,” tutur Maria Fitriah S.Sos., M.Si.

Ketua Pelaksana Webinar Event Organizer, Mochammad Yassar Syawaludin Ganda dalam sambutannya menyatakan seperti yang telah diketahui bahwa pandemi COVID-19 kian meningkat, segala kegiatan menjadi lumpuh karena terhalang oleh virus yang mematikan.  Hal inilah yang menjadi sorotan kami dalam menyelenggarakan event “How to organizing an event in pandemic era” tentang bagaimana kita bisa mengadakan sebuah event dengan sistem “new normal”.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait dengan Webinar Event Organizer ini dan semoga dari webinar ini, kita dapat mengambil banyak ilmu dan pengetahuan serta manfaat dari para pemateri yang berpengalaman di bidang nya,” ungkap  Mochammad Yassar Syawaludin Ganda.

Direktur Utama PT. Representasi Mitra Mandiri, Ir. Hj. Anni Nuraini, MT. dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa Tren event & tour di era pandemi ini sebagai content creator atau Event Organizer yang berkutat dengan ide-ide dan harus tetap menuangkan ide-idenya. Adakan kegiatan yang memuat materi atau ilmu-ilmu yang bermanfaat dan penting bagi khalayak meskipun secara virtual.

“Setelah pandemi, mulai muncul peraturan baru mengenai peraturan sebuah event seperti jumlah dibatasi, durasi event maksimal 3 jam, fokus pada kesehatan, harus menggunakan teknologi dan jarak jauh. Semuanya harus dipelajari oleh Event Organizer dan harus tahu bagaimana kita menghadapi event di masa pandemi ini. Sebetulnya ada 3 event yang biasa dilakukan, seperti Offline yang dilakukan dengan pembatasan atau jarak, yang kedua Online dilakukan melalui virtual event, yang ketiga offline & online (Hybrid) yaitu kombinasi antara offline dan online. Adapun cara mengoptimalkan virtual event yaitu kurangnya atensi dan interaksi, solusinya ada tanya jawab, giveaway & interaktif dan harus teamwork yang solid,” pungkas Ir. Hj. Anni Nuraini, MT.