Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama Dirjen Pajak Jawa Barat 3 selenggarakan Penjajakan Kerjasama mengenai Tax Center di Ruang Senat UNIDA Bogor pada tanggal 9 Desember 2021. Kegiatan penjajakan kerjasama tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si beserta jajaran dan perwakilan tiap fakultas yang ada di UNIDA Bogor. Untuk perwakilan dari Dirjen Pajak Jawa Barat 3 diikuti oleh Kanwil Dirjen Pajak Jawa Barat 3, Yeni Susilo beserta jajaran. Pertemuan kali ini membahas apa saja yang akan dikerjasamakan antara UNIDA Bogor Dirjen Pajak Jawa Barat 3 khususnya mengenai Tax Center serta pembahasan pelaksanaan penandatanganan MoU dan MoA.

Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. dalam paparanya menyatakan bahwa kerjasama mengenai pajak bisa dapat dikerjasamakan dengan semua progtam studi yang ada di UNIDA Bogor dan untuk inklusi pajak dapat direncanakan dengan Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran. Diharapkan nantinya kedepan akan ada MoU dan MoA sehingga kerjasama ini dapat benar-benar direalisasikan.

“Di dunia kampus termasuk di UNIDA Bogor saat ini ada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan kerjasama ini mestinya dipikirkan bagaimana agar dapat diimplementasikan pada program MBKM seperti magang dan sebagainya. Nantinya seminar perpajakan dapat diadakan dalam kegiatan seminar  yang akan dilaksanakan oleh UNIDA Bogor. Nanti sambil berjalan akan diadakan MoU dan MoA antara Dirjen Pajak Jawa Barat 3 dengan UNIDA Bogor serta setiap prodi yang ada di UNIDA Bogor yang nantinya akan ditunjuk unit mana yang akan bertanggung jawab pada kegiatan yang akan dilaksanakan,” ungkap Ir. Himmatul Miftah, M.Si.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA Bogor menambahkan bahwa kerjasama ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dan untuk UNIDA Bogor terutama perilhal MBKM seperti magang yang tentunya dapat dilaksanakan dalam kerjasama ini dan magang di MBKM ini dapat dilaksanakan selama satu semester dan tentunya dapat menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa terutama perihal pajak. Diharapkan program magang ini juga merupakan substansi yang akan dikerjamasakan nanti antara UNIDA Bogor dan Dirjen Pajak Jawa Barat 3.

Kanwil Dirjen Pajak Jawa Barat 3, Yeni Susilo dalam paparannya menyatakan bahwa diharapkan UNIDA Bogor bersedia untuk bekerjasama dengan Dirjen Pajak Jawa Barat 3 karena pada saat ini kerjasamanya menyasar pada dunia pendidikan adapun kegiatan yang dapat dikerjasamakan seperti relawan pajak, penelitian, inklusi pajak, sosialisasi perpajakan dan lainnya yang khususnya Tax Center.

Yopianto dari Dirjen Pajak Jawa Barat 3 menambahkan bahwa terkait kegiatan kerjasama ini, pintu masik kerjasama ini tentunya Tax Center yang saat ini dibahas. Tax center merupakan wadah untuk belajar, bekerja, berkarya mengenai pajak seperti bagaimana itu melapor, membayar dan sebagainya, saat ini sedang tren yaitu pelaporan melalui gadget yang ini bisa menjadi peran relawan pajak yang cocok bagi mahasiswa.

“Mahasiswa sebaiknya belajar mengenai pajak dan sistem perpajakan yang baru di Indonesia dan kerjasama ini di dalamnya ada pelatihan atau penyuluhan bagi mahasiswa mengenai pajak sehingga mahasiswa tidak apatis tentang pajak dan mahasiwa menjadi paham dan mengerti pentingnya pajak sehingga bisa menjadi relawan pajak,” tutur Yopianto.