Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Himma PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Talk Show Pendidikan yang bertemakan “Merajut Asa, Melanjutkan Cita Dengan Beasiswa” yang digelar secara virtual dengan aplikasi Zoom Cloud Meetings (8/8). Talk Show tersebut diisi oleh Dosen Universitas Khairun Ternate, Dr.Saprudin,M.Pd. dan Dosen FKIP UNIDA Bogor, Dr. Rasmitadila, ST., M.Pd.

Wakil Dekan III FKIP UNIDA Bogor, Abdul Kholik, M. Pd. I dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran mahasiswa harus selalu terus aktif menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat seperti kegiatan talk show ini. Dan peserta yang mengikuti diharapkan mendapatkan tips dan trick bagaimana mendapatkan beasiswa yang tentunya banyak tersedia.

“Tentu beasiswa perguruan tinggi banyak tersedia dan kita sebagai pelajar atau mahasiswa sudah seharusnya tahu beasiswa apa saja yang ada dan bagaimana cara mendapakatkannya, diharapkan dengan kegiatan seperti ini memberikan banyak wawasan kepada peserta mengenai beasiswa dan bagaimana cara mendapatkannya serta tujuan talk show pendidikan ini adalah untuk membangun cita mahasiswa agar meraih beasiswa.,” tutur Abdul Kholik, M. Pd. I.

Kepala Program Studi PGSD, Dr. Helmia Tasti Adri, M. Pd. Dalam sambutannya menyatakan apresiasi terhadap panitia dan semua pihak yang terkait dengan talk show tersebut dan diharapkan dengan diadakannya talk show tersebut dapat memberikan banyak manfaat dan banyak memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk meraih beasiswa.

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam pelaksanaan talk show ini. Kedepannya diharapkan acara seperti ini menjadi acara rutin untuk terus memotivasi pelajar maupun mahasiswa untuk terus berusaha mencari dan mendapatkan beasiswa pendidikan yang tentunya banyak memberikan manfaat,” tutur , Dr. Helmia Tasti Adri, M. Pd.

Dosen Universitas Khairun Ternate, Dr. Saprudin, M.Pd. dalam pemaparan materinya menjelaskan tips untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa.

“Berikut adalah tips bagaimana cara mendapatkan beasiswa diantaranya yaitu tentunya dengan rajin mencari informasi beasiswa dengan online maupun offline, pelajari mekanisme  atau prosedur beasiswa yang dituju, penuhi persyaratan beasiswa, rajin belajar agar memiliki prestasi akademik yang baik, Aktif berorganisasi karena sangat dibutuhkan, menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, tingkatkan kemampuan berbahasa misalnya bahasa inggris dan sebagainya terutama untuk beasiswa luar negeri, perhatikan time line pengajuan beasiswa jangan sampai waktu pendaftaran ditutup, persiapkan mental, Tanamkan visi mengabdi serta lakukan yang disebut DUIT yaitu Do’a, Usaha, Ikhtiar dan Tawakkal,” ungkap Dr. Saprudin, M.Pd.

Dosen FKIP UNIDA Bogor, Dr. Rasmitadila, ST., M.Pd. dalam pemaparan materinya menyatakan

Sebagai mahasiswa hendaknya harus menentukan tujuan, visi, rencana, eksekusi dan control sehingga kita dapat dengan serius meraih mimpi. Banyak mimpi yang harus diraih tentunya berkualiah dengan beasiswa merupakan mimpi banyak orang, oleh karena diharapkan pelajar atau mahasiswa hendaknya selalu berusaha untuk mendapatkan beasiswa demi mimpinya.

“Saya mengutip perkataan Jack Ma yaitu tidak peduli betapa sulitnya pengejaran mimpi itu, anda harus selalu memiliki mimpi yang Anda lihat pada hari pertama, Itu akan membuat Anda termotivasi dan menyelamatkan Anda dari pikiran yang lemah. Dan tidak ada masalah yang lebih tinggi dari lututmu sehingga kita semua harus yakin bahwa setiap masalah yang kita hadapi termasuk dalam meraih mimpi itu bisa kita lalui,” tutur Dr. Rasmitadila, ST., M.Pd.