Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan  Seminar Nasional Pemilihan Umum 2024 secara hybrid dengan peserta yang hadir secara luring di Aula Gedung C UNIDA dan peserta yang hadir secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada selasa (22/11/2022).

Seminar Nasional Pemilihan Umum 2024 bertajuk "Pentingnya Literasi Politik Bagi Pemilih Pemula 2024" Menghadirkan narasumber yang berasal dari praktisi dan akademisi, diantaranya menghadirkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor Umi Wahyuni Ketua, Irvan Firmansyah ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Bogor, M. Yusuf GG Seran, Drs., M.Si selaku Praktisi dan Dosen FISIPKOM UNIDA dan Koesworo Setiawan, S.Sos., M.IK selaku Dosen FISIPKOM UNIDA.

Dalam sambutannya Dekan FISIPKOM UNIDA Hj. Ginung Pratidina, Dra., M.Si menyampaikan bahwasannya pemilih pemula perlu cakap dan terampil dalam literasi politik agar tidak salah pada saat pemilihan umum nanti.

"Alhamdulillah hari ini kita diberikan kesempatan yang luar biasa untuk bisa belajar melalui kegiatan Seminar Nasional, saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang berasal dari mahasiswa FISIPKOM UNIDA semester 1 yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini, saya yakin kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi pemilih pemula yang akan baru mulai mengikuti pemilihan umum, baik pemahaman tentang tata kelola pemilihan umum dan kedewasaan berpikir dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti pesta demokrasi pemilihan umum 2024,” tuturnya.

Irvan Firmansyah selaku BAWASLU menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi serta tantangan dalam menghadapi Pemilihan Umum serentak pada tahun 2024.

“BAWASLU Kabupaten Bogor merupakan sebuah Lembaga baru yang didirikan 14 agustus 2018 yang sebelumnya dijalankan oleh PANWASLU,  BAWASLU sebagai Lembaga pengawasan pemilihan umum yang bersifat permanen. BAWASLU melakukan upaya-upaya yang tentunya ditujukan untuk mensukseskan pemilihan umum, diantaranya melakukan pemetaan kerawanan, kegiatan pencegahan, pelaksanaan pengawasan, dan penindakan pelanggaran,” jelasnya.

Sebagai Informasi materi yang dibahas oleh seluruh narasumber dalam kegiatan ini berkenaan dengan Tata Kelola Pemilihan Umum 2024, Pengawasan Pemilihan Umum 2024, Literasi Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum 2024. Dan Kualitas Pemilihan Umum 2024 yang Demokratis. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.