Badan Pengembangan Keilmuan (BPK) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Jurnal, Selasa (24/5/2022). Kegitan ini diisi oleh Kepala Bidang Writing Center UNIDA (WCU) Dr. Rasmitadilla, ST., M.Pd dan Kepala Bidang Bimbingan Pengelolaan Jurnal Megan Asri Humaira, SS., M.Hum yang diikuti oleh para pengelola jurnal di lingkungan UNIDA Bogor.

Turut hadir mewakili Rektor UNIDA Bogor, Wakil Rektor II Bidang Kerja sama, Penerimaan Mahasiswa Baru, dan Pengembangan Bisnis Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menuturkan, peningkatan kualitas jurnal menjadi hal yang sangat penting. Hal ini dapat diawali dengan peningkatan terkait pengelolaan jurnal itu sendiri. Sehingga diharapkan, dengan adanya peningkatan kualitas jurnal dapat meningkatkan kinerja perguruan tinggi.

“Pada prinsipnya, peningkatan jurnal ini sangat penting bagi peningkatan kinerja perguruan tinggi, juga program studi yang ada di fakultas-fakultas. Jadi harapannya, bahwa jurnal ini sangat penting dan bermanfaat bukan hanya bagi kepentingan lembaga atau instansi tetapi akan terkait juga dengan jabatan fungsional dosen, begitupun dengan alumni yang lulus wajib minimal accepted atau sesuai terindeks scopus untuk yang akan datang. InshaAllah akreditasi jurnal meningkat, maka lembaga ini juga akan meningkat," tutur Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Dr. Rasmitadilla, ST., M.Pd dalam paparannya mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari arahan pimpinan yang bertujuan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan pengelolaan Jurnal. Dalam prosesnya, terdapat program kerja Journal Management yang disiapkan untuk mencapai target tersebut.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan suatu motivasi kepada Bapak dan Ibu pengelola jurnal, jadi apa yang menjadi program yang sudah kami rencanakan ini semoga bisa memberikan dampak yang positif bagi jurnal kita kedepannya dan dapat diindeks oleh lembaga indeksasi yang juga lebih baik lagi dari sekarang," ujarnya.

Sementara itu, Megan Asri Humaira, SS., M.Hum menyebutkan, ada beberapa faktor permasalahan yang menjadi kendala dalam pengelolaan jurnal. Maka dari itu diperlukan adanya peningkatan pengelolaan jurnal dengan menjalankan program yang telah diinisiasikan.

"Program yang dapat diusulkan antara lain ialah salah satunya mengadakan pelatihan editor terkait manajemen jurnal dengan mengundang narasumber ahli. Selain itu, juga dilaksanakan pelatihan reviewer terkait dengan proses review di OJS dan substansi naskah," ungkapnya.

Seperti diketahui bahwa UNIDA Bogor memiliki jurnal-jurnal terakreditasi dan bereputasi baik nasional maupun internasional. Diantaranya sebagai berikut:

Jurnal Internasional:

-       Indonesian Journal of Social Research (IJSR)

-       Indonesian Journal of Applied Research (IJAR)

Jurnal Nasional:

-       Jurnal Ilmiah Living Law

-       Jurnal Ilmiah Pangan Halal

-       Administratie Jurnal Administrasi Publik

-       Jurnal Mina Sains

-       Jurnal Governansi

-       Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah

-       Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam

-       Almujtamae: Jurnal Pengabdian Masyarakat

-       Jurnal Hukum Derechtsstaat

-       Tadbir Muwahhid

-       Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

-       Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

-       Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

-       Jurnal Agronida

-       Jurnal Agroindustri Halal

-       Jurnal Agribisains

-       Jurnal Komunikatio

-       Jurnal Sosial Humaniora

-       Jurnal Akunida

-       Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat

-       Jurnal Pertanian

-       Jurnal Visionida

-       Jurnal Peternakan Nusantara

-       Jurnal Hukum Justheid

-       E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

UNIDA Bogor juga membuka peluang bagi para peneliti, dosen, dan ataupun mahasiswa yang ingin mempublikasikan hasil karya ilmiahnya pada jurnal yang tersedia dengan mengirim manuscript karya ilmiah melalui email lppm@unida.ac.id