Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menjadi tamu kehormatan di acara Thailand Halal Assembly 2019 yang bertajuk "Algoritmic touch of halal". Bertempat di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), bangna, Bangkok, Thailand pada tanggal 20 sampai dengan 22 Desember 2019. Acara tersebut diselenggarakan oleh Pusat Sains Halal, Universitas Chulalongkorn Thailand bekerjasama dengan Dewan Islamic Pusat Thailand (CICOT) dan Istitut Standar Halal Thailand (HSIT). Chancellor UNIDA, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. dan didampingi oleh Radif Khotamir Rusli, S.Ag., M.Ed diundang sebagai tamu kehormatan dalam acara Thailand Halal Assembly 2019 yang tahun ini menjadi gelaran yang ke-6.

Thailand Halal Assembly 2019 ini digelar dengan tujuan mempublikasikan kemajuan dari halalisasi Thailand sejalan dengan strategi nasional Thailand yang memperkuat kemampuan halalisasi Thailand dengan mencakup system yang unik dan efisien serta ketelitian secara utuh dan juga dengan integritas proses ilmiah. Mengarah ke pengakuan global terhadap produk dan layanan halal Thailand.

Dalam acara ini juga diadakan MoU antara Universitas Djuanda Bogor dengan Universitas Chulalongkorn Thailand. Sebagai pengimplementasion MoU maka UNIDA Bogor mengirim Kepala Laboratorium Kimia UNIDA Bogor, Miftahul Amalia Rizky, S.TP. dan Tiara Handayani, Amd. Si. ke Pusat Sains Halal, Universitas Chulalongkorn Thailand untuk pelatihan dengan harapan MoU tersebut dapat memberikan manfaat pada kedua institusi dan kerjasama untuk kedepannya.

Chancellor UNIDA, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. menyatakan bahwa MoU antara  Universitas Chulalongkorn Thailand dan Universitas Djuanda Bogor dapat dikembangkan secara bersama khususnya berkenaan tentang Halal dimata dunia. Diharapkan acara Thailand Halal Assembly 2019 berjalan dengan lancar sampai selesai nanti.

“Terima kasih telah mengundang kami menjadi tamu kehormatan di Thailand Halal Assembly 2019, dan terima kasih juga atas sambutan yang hangat serta fasilitas yang nyaman. Semoga Allah memudahkan semua urusan kita agar umat mendapat manfaat dari acara Thailand Halal Assembly 2019 ini,” pungkas Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Selain didaulat sebagai tamu kehormatan, UNIDA Bogor berkesempatan mengirimkan 2 pengelola laboratorium untuk mengikuti program pelatihan Pelatihan Halal Forensic Laboratory Universitas Chulalongkorn Thailand selama beberapa hari.

Kepala Laboratorium Kimia UNIDA Bogor, Miftahul Amalia Rizky, S.TP. dalam sesi wawancara menyampaikan dengan Pelatihan Halal Forensic Laboratory banyak manfaatnya diantaranya mengenal system dan peralatan yang baru dan memperbanyak penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja secara spesifik, terperinci dan rutin di laboratorium.

“Banyak menambah ilmu diantaranya preparasi dan pengujian alkohol dan gelatin termasuk standard kehalalan untuk melakukan berbagai analisa kehalalan” ungkap Miftahul Amalia Rizky, S.TP. _FAI_