Dalam rangka Milad ke- 32 Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMASEP) Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selengarakan Seminar dan Talkshow dengan tema “Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertanian di Era Industri 4.0. untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”. Bertempat di Gedung C Universitas Djuanda Bogor (31/10). Acara tersebut diisi oleh Dr, M. Rizal Taufikurahman, M.Si. selaku DPP PERHEPI, Dadang Firmansyah, SP., M.Si. selaku CEO Nuswantara Muda dan Bossku.id dan Ir. Nur Rochman, MP. Selaku Dosen FAPERTA UNIDA dan dihadiri oleh Dekan FAPERTA beserta jajaran.

Kegiatan ini diselenggarakan guna menambah wawasan mahasiswa khususnya mahasiswa pertanian tentang pertanian era terkini sesuai dengan tema. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Prodi Agribisnis UNIDA, Siti Masitoh, S.Pt., M.Si. dalam sambutannya.

“Selamat Milad ke-32 HIMASEP UNIDA dan dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa tentang pertanian di zaman sekarang yang semuanya sudah serba digital dan biasa kita sebut dengan Era Revolusi 4.0 dan bagaimana dunia pertanian menyesuaikan dengan kemajuan teknologi serta semoga mahasiswa dapat berkontribusi secara nyata pada dunia pertanian di Indonesia,” tuturnya.

Dengan diselenggarakannya seminar dan talkshow ini bertujuan untuk membantu mahasiswa agar mampu menghadapi dunia pertanian di era digital. Seperti yang disampaikan oleh Dekan FAPERTA UNIDA, Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si. dalam sambutannya.

“Sebagai Dekan saya ucapkan selamat Milad yang ke-32 untuk HIMASEP UNIDA semoga senantiasa selalu bermanfaat dan berperan untuk peningkatan kualitas dunia pertanian di Indonesia. Seminar dan talkshow ini bertujuan agar dapat membantu mahasiswa menghadapi dunia pertanian di era digital atau Era Revolusi 4.0 dan juga diharapkan kegiatan ini menjadi sumber wawasan yang baik serta bermanfaat untuk mahasiswa,” ucap Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si.

Ketua Pelaksana, Farhan Firmansyah mahasiswa Agribisnis mengungkapkan bahwa acara ini untuk mengajak generasi muda memanfaatkan sumber daya pertanian terutama di wilayah Bogor untuk mewujudkan pangan agar masyarakat yang berkecimpung dibidang pertanian bisa makmur.

“Acara ini juga bertujuan agar generasi muda mau berkontribusi dalam pertanian yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Bogor untuk mau membantu petani mengelola hasil pertanian dan mengembalikan hak-hak petani dalam UU Pertanahan,” pungkasnya.

Rektor UNIDA Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si mengungkapkan rasa bahagia akan bertambahnya usia HIMASEP UNIDA, dan dalam perayaan harinya HIMASEP menyelenggarakan kegiatan majelis ilmu tepatnya seminar pertanian sebagai sarana penambah wawasan bagi kita semua.

“Tema Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertanian di Era Industri 4.0. untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan, merupakan tema yang sangat bagus karena mengingat Indonesia sebagai Negara Agraris tentunya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan Nasional dengan tidak melepaskan unsur kemajuan teknologi didalamnya, Revolusi Industri 4.0 mendorong kita untuk dapat  memanfaatkan serta mengkolaborasikan teknologi dalam upaya memaksimalkan khususnya memaksimalkan hasil di sektor pertanian untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,”. _FAI_