Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (12/6/2021). Dalam kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, para direktur, para kepala lembaga serta para dosen di lingkungan UNIDA Bogor.

Dr. Ir. Ristika Handarini, MP dalam sambutannya menyampaikan, program MBKM bukanlah merupakan sebuah hal yang baru, karena program tersebut sudah dirilis sejak tahun lalu. Secara umum, MBKM merupakan program besar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) yang tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus.

“Mulai dari tahun ajaran 2019/2020 lalu, kita sudah mengikuti program MBKM melalui program kerja sama dengan Universitas Nani Bili Sorong. Kemudian pada semester genap berikutnya, kita juga mendapat pendanaan dari pemerintah untuk program MBKM ini. Oleh karena itu, saya berharap bahwa MBKM ini bukan hanya tugas dan kewajiban di tingkat struktural saja. Akan tetapi informasi ini juga sampai kepada dosen, sehingga dosen pun paham peran apa yang akan diambil dalam program MBKM ini,” tutur Wakil Rektor I UNIDA Bogor tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur DIKJAR UNIDA Bogor, Dr. La Ode Amril, M.Pd mengatakan, program MBKM memberikan dampak yang sangat luas, bukan hanya bagi mahasiswa, namun bagi para dosen pun harus dapat menyesuaikan dengan program yang ada. Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian lebih terutama dalam hal kesiapan untuk mengimplementasikan apa yang sudah direncanakan.

“Menarik tadi yang disampaikan oleh Ibu Wakil Rektor I, bahwa arah pembelajaran telah bergeser sejak adanya MBKM ini. Kita harus sadar juga UNIDA masih dalam tahap pembelajaran MBKM karena implementasinya lebih dulu daripada  kesiapan kita. Saya menyambut MBKM ini dengan rasa bahagia, dengan penuh suka cita, karena kalau melihat program-program yang dicanangkan oleh Mas Menteri itu sangat luar biasa, insyaAllah kita ikhtiar bersama bahwa semoga apa yang kita lakukan ini menjadi amal ibadah kita semua,” ujarnya.

Lebih jauh, Dr. La Ode Amril, M.Pd memaparkan terkait dengan Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada program MBKM. Mulai dari penjelasan MSIB, manfaat, syarat serta tata cara mendaftar sesuai dengan buku panduan MSIB yang dikeluarkan oleh Kemendikbud-Ristek.

“Magang Merdeka adalah sebuah program magang yang diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang dirancang sesuai dengan kompetensi mahasiswa dan kebutuhan dunia usaha dan industri. Sementara itu, Studi Independen Bersertifikat atau MSIB merupakan sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra maupun industri,” paparnya.