Direktorat Kemahasiswaan melalui bidang Career Development Center (CDC) selenggarakan Webinar Karir dan Pembekalan Alumni yang bertemakan “Persiapkan Dirimu, Persiapkan Karirmu” yang diselenggarakan via aplikasi Zoom Meeting (15/7). Webinar ini diisi oleh Business and Life Coach, Yedi Jupriadi, SE., MM., M.Si. dan Dosen Fakultas Hukum UNIDA Bogor dan Direktur Kemahasiswaan, Dr. (Cand) Nurwati, SH., MH. serta dipandu oleh Kepala Bidang CDC UNIDA Bogor, Sudrajat, S.I.Kom. selaku moderator.

CDC UNIDA Bogor menjembatani mahasiswa dengan dunia kerja. Perkembangan yang terjadi di dunia kerja sangat cepat oleh karena itu pembekalan ini sangat penting agar mahasiswa yang akan lulus itu siap dalam menghadapi dunia kerja. Seperti yang disampaikan oleh Direktur Kemahasiswaan UNIDA Bogor, Dr. (Cand) Nurwati, SH., MH dalam penyampaian sambutan dan materinya.

“Saat ini banyak program yang membantu mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya seperti pendidikan kewirausahaan, Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan kegiatan pembekjalan ini tentunya serta kegiatan kemahasiswaan lainnya. Setiap wisuda pastinya akan diselenggarakan pembekalan terlebih dahulu terlebih tentunya agar mahasiswa yang akan lulus siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya,” ungkap Dr. (Cand) Nurwati, SH., MH.

“Dalam dunia kerja tentunya teknik wawancara itu sangat penting untuk diketahui oleh mahasiswa yang akan lulus nantinya. Wawancara kerja merupakan metode penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Lewat wawancara perusahaan dapat mengenal potensi atau kompetensi dengan lebih detail. Asumsi wawancara yaitu apa yang dipikirkan, apa yang diinginkan, apa yang ingin dicapai seseorang akan mengarahkan perilaku seseorang tersebut sehingga perusahaan dapat mengetahui potensi seseorang,” tambah Dr. (Cand) Nurwati, SH., MH.

Business and Life Coach, Yedi Jupriadi, SE., MM., M.Si. dalam materinya menyampaikan bahwa untuk mencapai sukses itu tidaklah susah melainkan membutuhkan persiapan yang baik. Tujuan seminar ini mempersiapkan mahasiswa yang akan lulus untuk terjun ke masyarakat dalam meraih kesuksesan. Ada pilihan untuk menjadi sukses yaitu bekerja dan entrepreneur atau berwirausaha.

“Fakta orang sukses yaitu dia tidak datang dari orang kaya saja tetapi kebanyakan dari orang sulit atau sederhana. Kesuksesan tidak datang dari orang yang pintar saja tetapi banyak juga yang bermasalah dalam pembelajarannya.  Dan kesuksesan tidak datang dari orang yang sekolahnya tinggi saja oleh karena itu semua orang bisa sukses akan tetapi butuh persiapan,”

“Mahasiswa yang akan lulus harus mempersiakan pola pikir yang benar untuk sukses, pola pikir yang benar yaitu untuk dalam bekerja dan meraih kesuksesan dikarenakan beribadah kepada Allah tentunya. Yang kedua yaitu syarat perbuatannya atau pekerjaan niatnya karena Allah dan caranya sesuai untuk beribadah kepada Allah. Ada juga karakter yang baik yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa yang akan lulus yaitu akhlak, tekun, disiplin, empati, jujur, kerja keras, percaya diri dan rajin. Kemandirian juga harus dimiliki oleh setiap mahasiswa yang akan lulus nantinya terutama bagi yang ingin menjadi pengusaha harus memiliki kemandirian dan juga harus memiliki mental baja, mental baja adalah mental yang selalu positif bahkan selalu bersyukur di kondisi sulit sekalipun,” pungkas Yedi Jupriadi, SE., MM., M.Si.