Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd kembali dipercaya untuk menjadi narasumber utama dalam Webinar Nasional Workshop yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Kegiatan yang mengangkat tema “Jurus Jitu Menulis Artikel pada Jurnal Nasional” ini dilaksanakan melalui zoom cloud meeting (4/11/2020).

Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd  mengatakan, sesuai dengan tema, penyampaian materi workshop yaitu diantaranya membuat artikel ilmiah yang dimulai dari abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil penelitian, pembahasan hingga daftar pustaka.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan praktek langsung bagaimana menggunakan referensi manager mendeley, menerjemahkan artikel menggunakan google drive dan grammarly, mengecek plagiarisme menggunakan plagiarisme cheker dan turnitin, pharaprase artikel serta diakhiri dengan submit artikel pada jurnal nasional dan internasional.

Saya merasa senang dan menyambut baik ada kegiatan workshop ini karena dapat berdiskusi bersama dengan dosen-dosen dan mahasiswa pascasarjana IAIN Curup. Semoga kelak kemudian terjadi kolaborasi research antara dosen dan mahasiswa IAIN Curup dengan dosen dan mahasiswa di Universitas Djuanda Bogor,” ungkap Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd  yang juga merupakan anggota Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Barat tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh para Dekan Fakultas, Direktur, Wakil Direktur, Kepala Program Studi, para Dosen serta mahasiswa Pascasarjana IAIN Curup. Turut hadir pula peserta dari perguruan tinggi lain, tidak terkecuali mahasiswa dari Universitas Djuanda Bogor.

Selain mengundang Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd, dalam kegiatan ini juga turut menghadirkan Dr. Jumira Walizasusi, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pascasarjana MPI IAIN Curup sebagai narasumber serta Dr. Sumarto, M.Pd sebagai moderator.