Bogor, 16 Juni 2022 Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, sukses menggelar kegiatan Communication-Up (Comm-Up) 2022 dalam rangka memperingati hari jadi HIMAKOM yang ke-16, dengan tema “Dare to Speak, Dare to Go Beyond”. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, pukul 08.00 -13.00 WIB, di Aula Gedung C UNIDA. Kegiatan dihadiri oleh jajaran Rektorat dan Dekanat, serta mahasiswa dari berbagai instansi.

Communication-Up merupakan salah satu program kerja Divisi Minat dan Bakat (MINBAK) HIMAKOM periode 2021/2022, yang mana rangkaian acaranya terdiri dari seminar nasional public speaking dan perlombaan secara online tingkat SMA/SMK Sederajat dan mahasiswa se-nasional, dengan tiga jenis cabang lomba, di antaranya News Anchor, Fotografi dan Video Edukasi TikTok.

Dedy Ardiansyah Ramadhan, selaku ketua pelaksana, dalam sambutannya menuturkan, kegiatan ini digelar untuk mewadahi dan mendukung minat serta bakat mahasiswa, dikemas dalam bentuk perlombaan yang diselenggarakan.

Sebagai acara puncak yang dimeriahkan dengan seminar nasional public speaking, kegiatan ini dimoderatori oleh Helwa Nur Alfa Laila, sebagai wakil ketua HIMAKOM, dan menghadirkan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya, yakni M. Syafiul Muktapa, C.STMI, CMS, C.PS., selaku founder Bicara Pede Akademi sekaligus Certified Trainer BNSP RI.

Pemateri yang akrab disapa Kak Uta ini, memaparkan materi mengenai cara menjadi speaker yang benar, hal yang harus dimiliki dan dipersiapkan, serta tantangan menjadi public speaker. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan langkah sukses dan cara keluar dari pemikiran yang sering mendistraksi pada saat seseorang melakukan public speaking. Menurutnya, ketika seseorang melakukan public speaking, jangan selalu memikirkan kesempurnaan, melainkan cukup berikan penampilan yang maksimal versi diri sendiri.

“Kalau kamu selalu berpikiran perfeksionis, maka akan cenderung tidak ingin terlihat salah sedikit pun. Dan ketka kamu salah, kamu akan fokus pada pada kesalahan sekecil apapun sehingga hal itu dapat memecah konsentrasimu,” tuturnya.

Ia juga membagikan tiga kunci sukses dalam melakukan public speaking, diantaranya mental, materi dan menawan. Di tengah penjelasan materi, ia pun memberikan kesempatan kepada audiens untuk mempraktikan public speaking yang menawan secara visual dan vocal.

Kegiatan dilanjut dengan pengumuman pemenang peserta dari tiga cabang perlombaan. Lomba Fotografi dijuarai oleh Ni Ketut Elsa Setiani, mahasiswi Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Lomba Video Edukasi Tik-Tok dijuarai oleh Bunga Garnistya Laura Sujatmiko, mahasiswi Universitas Pakuan. Sedangkan lomba News Anchor dijuarai oleh Bintang Puspita Pertiwi, mahasiswi Universitas Esa Unggul.

Kegiatan ditutup dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama, serta sesi dokumentasi bersama narasumber dan seluruh audiens yang hadir.

“Terima kasih kepada seluruh media partner, para sponsor, tamu undangan, BEM-KM, BEM-FISIP, dan seluruh mahasiswa Sains Komunikasi yang turut memeriahkan acara hari ulang tahun HIMAKOM yang ke-16 ini. Harapannya, semoga HIMAKOM dapat terus berkembang, berproses dan berprogres, maju secara internal maupun eksternal, lebih aktif lagi dalam menjalankan peran organisasinya dan dapat menjadi wadah yang utuh, serta dapat memberikan kebermanfaatan, khususnya untuk seluruh mahasiswa Sains Komunikasi,” ucap Muhammad Fatkhul Hidayat, ketua umum HIMAKOM.