Fakultas Pertanian (FAPERTA) dan Fakultas Teknik dan Pangan Halal (FTIPH)Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Penjajakan Kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor yang diselenggarakan secara luring di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Setda) Kota Bogor pada Rabu, 9 Maret 2022. Kegiatan penjajakan kerjasama tersebut dihadiri oleh Dekan FAPERTA UNIDA Bogor, Dr. Deden Sudrajat, M.Si, Dekan FTIPH UNIDA Bogor, Ir. Amar Maruf, M.Si, Kepala Bidang Kerjasama Dalam Negeri Direktorat Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri (DKHLN) UNIDA Bogor, Nurul Annisa Yuniarti, M.Pd serta Perwakilan DKPP Kota Bogor, Wina, Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Ratu Desy Savitri dan Bagian Pem. Kota Bogor, Balgi T.S. Kerjasama ini meliputi implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dekan FTIPH UNIDA Bogor, Ir. Amar Maruf, M.Si. dalam paparannya menyatakan bahwa membahas tentang perjanjian kerjasama antara FTIPH dan FAPERTA dengan DKP KOTA bogor ini merupakan turunan hasil kesepakatan bersama UNIDA Bogor dan Pemerintah Kota Bogor sebelumnya yang sudah ditandatangani.

"Kami mengajukan perjanjian kerjasama karena yang cocok dengan FAPERTA dan FTIPH UNIDA Bogor yaitu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor. Intinya kami ingin bekerjasama yang sudah terjalin seperti magang atau praktik kerja lapang serta penelitian yang pada dasarnya sudah ada pelaksanaannya akan tetapi dengan kerjasama ini dapat memperjelas pelaksanaan kegiatan tersebut," tutur Ir. Amar Maruf, M.Si.

Dekan FAPERTA UNIDA Bogor, Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si. dalam paparannya menyatakan bahwa MoU ini mengenai implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dimana kampus harus memfasilitasi pembelajaran para mahasiswa di luar kampus dan dengan kerjasama ini dapat dilaksanakan pembelajaran di luar kampus seperti dengan program magang di DKP Kota Bogor yang tentunya cocok dengan FAPERTA dimana kegiatan tersebut di bidang pertanian dan kerjasama lain bisa diimplementasikan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan penelitian bersama.

Perwakilan DKPP Kota Bogor, Wina dalam paparannya menyatakan bahwa DKPP Kota Bogor sangat senang dengan kerjasama ini karena sangat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak. Dan kami sangat mendukung kerjasama ini, di Pemerintahan Kota Bogor banyak menyediakan tempat untuk pembelajaran di luar kampus seperti magang. Diharapkan kedepannya program-program Pemerintah Kota Bogor bisa melibatkan UNIDA Bogor.

Perwakilan Bappeda Kota Bogor, Ratu Desy Savitri dalam paparannya menambahkan bahwa kerjasama ini ruang lingkupnya dalam Bappeda lebih kepada pengabdian kepada masyarakat yang lingkupannya mengenai pertanian itu banyak di program kerja Bappeda sehingga poin itu dapat dikerjasamakan antara Bappeda Kota Bogor dan UNIDA Bogor.

"Di Bappeda juga dapat memfasilitasi untuk tugas akhir dimana mahasiswa dapat tahu permasalahan apa saja yang terjadi di Kota Bogor dan dapat dijadikam sebagai tugas akhir," tambahnya.

Kegiatan penjajakan dilanjutkan dengan merevisi dan berdiskusi mengenai isi dari draft MoU antara FAPERTA dan FTIPH UNIDA Bogor dengan DKPP Kota Bogor.