Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (Bogor) Selenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) 2019 yang bertemakan “Membentuk Karakter Pemimpin Ideal untuk Revitalisasi Gerakan Keberadaban” yang pembukaannya diselenggarakan di Aula Mesjid Baitul Hamdi UNIDA (13/12). Acara ini nantinya dilanjutkan di Villa Salak Pancawati, Cikereteg pada tanggal 14-15 Desember 2019. Pembukaan LKMM ini dihadiri oleh Dekan FE, Dr. Lucky Hikmat Maulana, M.Si. beserta jajaran.

Acara ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Dengan LKMM ini diharapkan mahasiswa dapat mengambil manfaatnya. Seperti yang disampaikan Dekan FE, Dr. Lucky Hikmat Maulana, MM. dalam sambutannya.

“Selamat bagi Mahasiswa FE yang akan mengikuti LKMM 2019 ini. Kegiatan LKMM ini merupakan acara rutin tahunan dan diharapkan mahasiswa dapat memetik manfaat dari kegiatan ini, perlu diketahui juga, FE memiliki tekad dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa sebagai bagian dari hak mahasiswa, dan kegiatan ini merupakan salah satu hak mahasiswa serta FE selalu meningkatkan kualitas diantaranya dengan banyaknya dosen FE yang mulai studi lanjut S3. Terakhir semoga acara berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan dan lancar sampai akhir nanti,” tutur Dr. Lucky Hikmat Maulana, M.Si. dalam sambutannya.

Tujuan dari diadakannya LKMM ini adalah untuk mencetak pemimpin yang ideal. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana LKMM 2019 FE, Muhammad Akbar dalam sambutannya.

“Acara LKMM 2019 ini memiliki tujuan utama yaitu mencetak pemimpin yang ideal di FE khususnya sehingga nantinya muncul bibit-bibit dengan berkarakter ideal di FE yang memahami  adab seorang pemimpin dan jujur. Tentu untuk menjadi pemimpin yang ideal itu butuh proses maka dari itu kegiatan ini merupakan prosesnya,” tuturnya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE, Faisal Halim menyatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk melatih leadership dari mahasiswa dan merupakan sarana untuk meningkatkan silaturahmi.

“LKMM ini merupakan ajang untuk melatih dan meningkatkan jiwa leadership para mahasiswa FE sehingga siap untuk menghadapi dunia kerja atau usaha nantinya. Dan kegiatan ini juga merupakan kesempatan bagi para mahasiswa FE untuk saling mengenal baik itu dengan mahasiswa lainnya maupun dengan pihak fakultas,” ungkap Faisal Halim.

Wakil Dekan 1 FE, Sudarijati, SE., M.Si dalam sambutannya menjelaskan lebih rinci tentang akademik  khususnya di FE. Urusan akademik seperti tentang SKS, pengambilan cuti dan syarat kelulusan.

“Perlu mahasiswa ketahui dengan rinci mengenai system yang ada di FE, seperti tentang SKS dan tentunya dengan syarat pengambilan SKS semester atas, bagaimana tata cara cuti. Selain itu mahasiswa juga harus paham mengenai kurikulum, Kurikulum yaitu mata kuliah-mata kuliah yang akan diberikan kepada mahasiswa. Perkembangan kurikulum selalu berubah tiap waktu, maka dari itu yang sekiranya tidak perlu maka mata kuliah tersebut ditiadakan, sekiranya perlu maka ditambahkan. oleh karena itu fakultas dan mahasiswa harus siap dengan perubahan,” pungkas Sudarijati, SE., M.Si. _FAI_