Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan kegiatan webinar bertajuk “Prospek Peluang Karir Menyongsong Masa Depan Bersama Fakultas Ekonomi” melalui platform Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (31/7/2021). Webinar ini diisi oleh Dekan FE UNIDA Bogor, Dr. Lucky Hikmat Maulana, SE, M.Si sebagai opening speakers, Direktur Direktorat Promosi, Marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DPMPMB) UNIDA Bogor, Gugun Gunadi, M.Pd, Wakil Dekan I FE UNIDA Bogor, Sudarijati, SE., M.Si, dan Kepala Prodi Akuntansi, Ade Budi Setiawan, SE, MM sebagai narasumber, serta dipandu oleh moderator, Dosen FE UNIDA Bogor, Masnur Mukmin, SE., M.Ak. Adapun para peserta yang hadir merupakan para mahasiswa, calon mahasiswa baru serta masyarakat umum.

Dr. Lucky Hikmat Maulana, SE, M.Si dalam opening speakers-nya mengatakan, kegiatan penyelenggaraan webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran studi di Prodi Manajemen dan Akuntansi serta prospek peluang karir bagi calon mahasiswa baru.

“Fakultas Ekonomi merupakan Fakultas di UNIDA Bogor dengan jumlah pendaftar dan mahasiswa yang paling banyak.  Diharapkan calon mahasiswa mendapatkan gambaran  studi  kuliah di Fakultas Ekonomi baik di Prodi Manajemen dan Akuntansi serta prospek peluang kerjanya. Berkaitan dengan perkuliahan yang masih berlaku masa pandemi ini, Fakultas Ekonomi akan memberlakukan perkuliahan Blended Learning yang masih akan diatur kebijakannya di tingkat Universitas,” ujarnya.

Pada sesi pemaparan materi pertama, Gugun Gunadi, M.Pd menuturkan, tantangan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) saat ini harus dipenuhi dengan membekali mahasiswa dengan soft skill, networking, keahlian di bidangnya dan juga keahlian finansial. Dalam hal ini FE UNIDA Bogor menjadi pilihan yang tepat bagi para calon mahasiswa untuk meneruskan studi.

“Universitas Djuanda membekali mahasiswa soft skill yang lebih agar mampu bersaing di dunia kerja yaitu dengan 21 Nilai Karakter Tauhid. Tentunya dengan Peringkat 70 atau 100 besar dari 2141 PTN dan PTS di Indonesia versi Kemendikbud dan masuk 5 besar PTS terbaik di Jawa Barat, lulusan UNIDA Bogor dapat mampu bersaing. Dengan prestasi yang membanggakan diharapkan calon mahasiswa dapat menjadi agen dan influencer  kepada masyarakat luas untuk dapat bergabung menjadi mahasiswa Kampus Bertauhid,” tuturnya.

Sementara itu, Sudarijati, SE, MM dalam paparannya menyampaikan terkait dengan profil Prodi Manajemen yang berdiri pada tahun 1987. Saat ini, Dosen tetap di Prodi Manajemen berjumlah 17 orang, dengan 5 orang Dosen sudah bergelar Doktor dan 6 orang Dosen Prodi Manajemen sedang menyelesaikan studi lanjut S3.

Lebih jauh, Sudarijati, SE., MM mengungkapkan bahwasanya mahasiswa dituntut tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik tetapi juga non akademik, maka dalam rangka pengembangan bakat dan minat mahasiswa dapat mengikuti organisasi kemahasiswaan (HMM) di bawah naungan Prodi Manajemen.

“Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, PT wajib memberikan hak bagi mahasiswa secara sukarela untuk belajar di luar program studi bahkan di PT lain dalam Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan itu merupakan komitmen Prodi Manajemen untuk menyukseskan program tersebut,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ade Budi Setiawan, SE., MM memaparkan tentang gambaran studi atau perkuliahan di Prodi Akuntansi. Tak hanya itu, disampaikan juga tentang pentingnya akreditasi Program Studi  sebagai pengakuan masyarakat dan dunia kerja.

“Peluang  lulusan kerja Prodi Akuntansi sangat terbuka luas diantaranya sebagai Akuntan Publik, Akuntan Perusahaan, Auditor Internal, Konsultan Bisnis dan Wirausaha. Alhamdulillah, 90% lulusan Akuntansi sudah terserap di lapangan kerja dan 65% lulusan masa tunggu mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan,” sebutnya.

Salah satu alumni FE UNIDA Bogor, Faisal Halim, SM mengungkapkan selama menjalani perkuliah di FE UNIDA Bogor, ada hal yang penting untuk digaris bawahi yaitu terkait dengan meningkatkan kepribadian yang mengedepankan nilai-nilai ketauhidan. Hal ini berpengaruh besar dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya dalam dunia pekerjaan.

“Proses perkuliahan dan keaktifan di organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi sangat mendukung  kita di dunia kerja. Dalam masa tunggu satu bulan sudah bisa mendapatkan pekerjaan. Point penting untuk bisa bersaing di dunia kerja selain kemampuan pengetahuan, keterampilan yaitu attitude,” ungkapnya.