Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Sosialisasi Visiting Lecturer secara daring dengan aplikasi Zoom Cloud Meetings pada tanggal 15 Oktober 2021. Sosialisasi ini dihadiri oleh Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH, Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH, Wakil Dekan II FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH dan Tim Task Force FH UNIDA Bogor serta diikuti oleh mahasiswa FH UNIDA Bogor semester 1, 3 dan 5. Kegiatan ini merupakan persiapan dari program Visiting Lecturer yang merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) FH UNIDA Bogor.

Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. dalam sambutannya menyatakan bahwa diharapkan dengan kegiatan Visiting Lecturer ini nanti FH UNIDA Bogor dapat manfaat dan hikmahnya serta diharapkan bukan hanya mahasiswa yang saat ini hadir menjadi peserta Visiting Lecturer ini akan tetapi diharapakan untuk semua mahasiswa termasuk mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN akan diperbolehkan ikut ke dalam kelas visiting lecturer tersebut. Dan kegiatan sosialisasi ini akan menjelaskan apa itu Visitng Lecturer dan bagaimana prosesnya.

Wakil Dekan II sekaligus Ketua Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH. dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk mempersiapkan program Visitng Lecture maka kegiatan sosialisasi ini sangat diperlukan dan untuk visiting lecturer ini dipilih beberapa mata kuliah pilihan dan tidak mungkin semua mata kuliah dapat dimasukan ke dalam program ini.

“Dan Visiting Lecturer ini mendatangkan dosen pakar sehingga dapat memberikan wawasan yang mendalam kepada mahasiswa dan diharapkan program ini tidak dilewatkan oleh mahasiswa yang menjadi peserta Visiting Lecturer ini,” tutur Ani Yumarni, S.H.I., MH.

Person in Charge (PIC) Program Visiting Lecturer, Raden Anisa Yuniar Ilyanawati, SH., MH. dalam pemaparannya menyatakan bahwa Visiting Lecturer ini merupakan bagian dari PKKM FH UNIDA Bogor dan bertemakan “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dalam Kelas dan Kemitraan Program Studi Melalui Program Visiting Lecturer” dan akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu di pertemuan ke-9 sampai dengan pertemuan ke-12 di bulan November 2021. Visiting Lecturer ini nantinya akan dilaksanakan secara hybrid yaitu dengan daring dan luring tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Adapun mata kuliah yang ada pada program Visiting Lecturer ini diantaranya mata kuliah Sosiologi Hukum, Hukum Administrasi Negara, Hukum Pidana dan Hukum Ketenagakerjaan yang menjadi dosen tamunya yaitu Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si dari Universitas Pancasila, Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH., MH. dari Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Topo Santoso, SH., MH dari Universitas Indonesia dan Haerudin, SH., MH dari PT. Mitra Utama Maldini serta tentunya didampingi juga oleh dosen pengampu mata kuliah dari FH UNIDA Bogor dalam kegiatan Visiting Lecturer tersebut,” tutur Raden Anisa Yuniar Ilyanawati, SH., MH.

Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH. menambahkan kegiatan Visiting Lecturer ini mendatangkan dosen pakar dari luar FH UNIDA Bogor dan alangkah baiknya diikuti oleh setiap mahasiswa dengan baik sehingga manfaat dan ilmunya didapatkan oleh mahasiswa karena  penyampaian materinya berbeda dengan dosen FH UNIDA Bogor sehingga dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa.