Dalam rangkaian kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Sosialisasi Program Magang / Kuliah Kerja Lapang (KKL) yang diadakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings, pada Senin (12/7/2021). Kegiatan sosialisasi ini diisi oleh Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH, yang juga merupakan PIC Program Magang/KKL. Adapun para peserta yang hadir merupakan mahasiswa FH UNIDA Bogor yang akan diikutsertakan dalam kegiatan magang/KKL MBKM tersebut.

Turut hadir membuka jalannya acara secara resmi, Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH dalam sambutannya mengatakan, kegiatan program Magang/KKL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi para mahasiswa yang sedianya siap bersaing di dunia industri. Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH berpesan bahwa pengalaman yang didapat harus dapat dimanfaatkan dengan baik agar mendapat hasil yang optimal.

“Alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan sosialisasi Magang MBKM dalam rangka Program Kompetisi Kampus Merdeka. Ibu berharap bahwa agenda ini didukung oleh tim fakultas, juga didukung oleh mahasiswa semua. Program Magang MBKM ini harus dilaksanakan dengan baik, diperhatikan dengan baik, karena ini akan bermanfaat untuk kalian semua. Dari pengalaman, biasanya ada kesempatan untuk bekerja. Belum lulus pun sudah ditawari bekerja, maka manfaatkan dengan baik peluang ini. InsyaAllah kalau kita melakukan kegiatan apapun dengan ikhlas semuanya akan berjalan baik dan mendapatkan pahala dan kemudahan dari Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Taskforce PKKM FH UNIDA Bogor, Dr. (cand) Ani Yumarni, S.H.I., MH menuturkan, progam Magang MBKM ini merupakan salah satu dari 11 program dalam PKKM FH UNIDA Bogor yang mana mengharuskan mahasiswa untuk dapat belajar di dunia usaha dan dunia industri, sehingga bisa tercapai Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam peningkatan kualitas lulusan.

“Kami mohon dukungan dari para mahasiswa untuk dapat ikut serta, adapun feedback bagi mahasiswa yaitu nantinya akan dikonversi ke beberapa mata kuliah sehingga itu sebagai kompensasi dari kewajiban mengikuti progam magang ini, mengenai teknis dan lain-lainnya akan dijelaskan secara detail oleh Wakil Dekan 1. Kemudian saya sedikit menginformasikan juga, jadi salah satu program yang berjalan bersamaan dalam ini, selain magang, itu nanti akan ada juga program yang sifatnya pengembangan wawasan mahasiswa tingkat akhir berkaitan dengan profesi yang akan digeluti pasca mahasiswa menjadi sarjana. InsyaAllah program tersebut tidak akan mengganggu rangkaian pelaksanaan magang mahasiswa,” tuturnya.

Pada sesi pemaparan, Dr. Nurwati, SH., MH menjelaskan mengenai Implementasi Kebijakan MBKM pada Program Studi Ilmu Hukum terkait dengan program Magang/KKL. Lebih jauh, Dr. Nurwati, SH., MH memaparkan secara teknis alur pelaksanaan kegiatan program Magang/KKL mulai dari pendaftaran, laporan hingga konversi nilai mata kuliah dan lainnya.

“Hari ini kita berkumpul untuk menyosialisasikan salah satu program dalam PKKM FH UNIDA Bogor, yaitu program Magang MBKM. Selama ini kan memang Fakultas Hukum sudah melaksanakan magang, tetapi memang agak berbeda yang sebelumnya dengan yang sekarang. Alurnya, pertama, mahasiswa harus mendaftar dengan mengambil mata kuliah yang akan diambil selama magang melalui KRS sesuai dengan kesepakatan Universitas dengan mitra lembaga tempat magang, kemudian dilakukan seleksi sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Lalu pada saat magang, dilakukan penilaian oleh pembimbing dari mitra dan pembimbing dari Universitas, sehingga nantinya akan dikeluarkan sertifikat yang diakui untuk konversi mata kuliah dan pengakuan SKS,” paparnya.