Dalam rangka mengenalkan lebih dekat Program Studi (Prodi) Teknologi Industri Pertanian dan Teknologi Pangan kepada para calon mahasiswa baru dan masyarakat luas, Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan kegiatan webinar bertajuk “All About Teknologi Agroindustri dan Teknologi Pangan” melalui platform Zoom Cloud Meeting pada Jumat (30/7/2021). 

Webinar ini diisi oleh Gugun Gunadi, M.Pd, selaku Direktur Direktorat Promosi, Marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DPMPMB) UNIDA Bogor, Kepala Prodi Teknologi Industri Pertanian, Aditia Ginantaka, STP, M.Si dan Kepala Prodi  Teknologi Pangan, Tiana Fitrilia, SPd, M.Si, serta moderator acara, yaitu FIPHAL Ambassador 2020, Melva Isnadya Suardana. Adapun para peserta yang hadir merupakan para mahasiswa, calon mahasiswa baru serta masyarakat umum.

Wakil Dekan III FIPHAL UNIDA Bogor, Aminullah, S.TP., M.Si mengatakan, webinar yang terselenggara merupakan upaya untuk mengenalkan dan lebih memantapkan pilihan mengambil program studi, sekaligus juga sebagai sosialisasi akhir gelombang III Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNIDA Bogor.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan program studi TIP dan Tekpang kepada calon mahasiswa dan umum, lalu mengajak mereka untuk menyampaikan kepada kerabat dan bergabung ke dalam dua prodi tersebut. Harapan tentunya meyakinkan dan mendapatkan mahasiswa baru yang belum menentukan pilihan untuk masuk ke prodi TIP atau TekPang,” ungkapnya.

Pada sesi pemaparan materi, Direktur DPMPMB UNIDA Bogor, Gugun Gunadi, M.Pd menyampaikan bahwa generasi saat ini menghadapi beberapa tantangan yang harus dihadapi, serta perlu mencari solusi dari tantangan-tantangan tersebut.

Diantaranya tantangan kecepatan, kenyamanan, gelombang generasi, pilihan, ragam gaya hidup, kompetisi harga, pertambahan nilai, pelayanan pelanggan, teknologi sebagai andalan dan jaminan mutu. Dengan tantangan seperti itu maka perguruan tinggi perlu berlari lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di masa depan sehingga para lulusan nantinya dapat menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

“Untuk lebih mempersiapkan lulusan, tentunya UNIDA Bogor temasuk FIPHAL UNIDA Bogor melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang dimana mahasiswa dapat mengikuti program-program yang terdapat pada MBKM untuk menunjang perkembangan mahasiswa. Dalam MBKM ada program-program yang bermanfaat seperti program magang, proyek kemanusiaan, pertukaran pelajar, membangun desa, kegiatan kewirausahaan, penelitian, kampus mengajar dan proyek independen,” ungkap Gugun Gunadi, M.Pd.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Prodi Teknologi Industri Pertanian, Aditia Ginantaka, STP, M.Si dan Kepala Prodi  Teknologi Pangan, Tiana Fitrilia, SPd, M.Si menjelaskan terkait dengan visi-misi, kurikulum, sistem perkuliahan hingga peluang lulusan bekerja maupun berwirausaha para alumni.

Kegiatan webinar ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta pemberian door prize bagi peserta yang aktif.