Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Sosialisasi Intership Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda Bogor Tahun Ajaran 2019/2020 (17/6). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan streaming Youtube dan diisi oleh Dekan FISIP UNIDA Bogor, Denny Hernawan, Drs., MA., Wakil Dekan I FISIP UNIDA Bogor, Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si., Wakil Dekan II FISIP UNIDA Bogor, Ike A. Ratnamulyani, S.Sos., MM., M.Si., Wakil Dekan III FISIP UNIDA Bogor, G. Goris Seran, Drs., M.Si., Kaprodi Sains Komunikasi FISIP UNIDA Bogor, Maria Fitriah, S.Sos., M.Si. serta diikuti oleh mahasiswa FISIP Semester IV baik Administrasi Publik maupun Sains Komunikasi.

Dekan FISIP UNIDA Bogor, Denny Hernawan, Drs., MA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam masa pandemi ini UNIDA Bogor menyesuaikan dengan situasi terutama dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam hal intership dan membuat kebijakan agar dapat beradaptasi dengan keadaan pandemi saat ini.

“Kita sekarang masih dalam suasana kampus yang tidak normal karena kita menghadapi pandemi ini. Dan sebagai respon dari keadaan tersebut aktivitas dikampus pun menyesuaikan terutama dalam kegiatan pembelajaran termasuk juga intership. Intership di masa pandemi ini FISIP harus mengambil sebuah kebijakan bagaimana caranya intership ini tetap berlangsung. Pada dasarnya Intership ini sudah tercantum dalam kurikulum sehingga sulit untuk dihilangkan karena wajib,” tutur Denny Hernawan, Drs., MA.

“Dengan situasi ini kita harus beradaptasi dalam prosesnya seperti intership yang akan dilaksanakan langsung di lokasi tempat tinggal baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Berdasarkan kondisi yang ada maka FISIP mengambil dua keputusan penting yang pertama magang tetap dilakukan karena masuk dalam kurikulum dan akan berpengaruh pada IPK dan yang kedua dengan format yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.” Tambah Denny Hernawan, Drs., MA.

KKL adalah mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan terkait teori dan konsep yang dikembangkan dalam ilmu Administrasi Publik dan Sains Komunikasi dan dilaksanakan dengan penyesuian di masa pandemi saat ini. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Dekan I FISIP UNIDA Bogor, Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si.

“Saat ini mahasiswa dapat intership di tempat masing-masing daerahnya disesuaikan dengan tempat tinggal dan tidak dianjurkan memaksakan tempat yang jauh dan jam kerjanya menyesuaikan dengan instansi yang terkait,” ungkap  Wakil Dekan I FISIP UNIDA Bogor, Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si.

Kegiatan intership ini diharapkan dapat dijalankan oleh semua mahasiswa karena akan mempengaruhi perkualiahan dan mahasiswa yang menjalankan intership mentaati protokol kesehatan. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Dekan III FISIP UNIDA Bogor, G. Goris Seran, Drs., M.Si. dalam penyampaian materinya.

“Semoga mahasiswa khususnya mahasiswa FISIP semester IV dapat menjalani intership in dengan lancar sampai selesai nanti karena akan mempengaruhi perkuliahan khususnya di nilai atau IPK dan intership ini menjadi syarat nantinya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dan mahasiswa yang ikut intership tetap harus  mengikuti protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan dan lain-lain,” tutur G. Goris Seran, Drs., M.Si.

Kepala Program Studi Sains Komunikasi FISIP UNIDA Bogor, Maria Fitriah, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa manfaat dari Intership yaitu mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan dalam realitas kehidupan dunia kerja, menumbuhkan sikap kritis, analitis dan responsif terhadap fenomena sosial.

Intership juga bermanfaat untuk pengalaman mahasiswa dalam bersosialisasi dengan dunia kerja serta mendapatkan ide-ide asli dari lapangan atau dari tempat intership nantinya yang dapat dijadikan karya ilmiah atau penelitian untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) atau skripsi,” pungkas Maria Fitriah, S.Sos., M.Si.