Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan gelar Web Seminar Online dengan tema, “Merenda Masa Depan yang Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Terbaik.” Dilaksanakan via zoom meeting pada Sabtu, (13/06).

Web Seminar online ini dimoderatori langsung oleh Dosen sekaligus Wakil Dekan III FKIP Universitas Djuanda Bogor, yaitu Abdul Kholik, M.Pd. I. Dengan dua narasumber ternama yaitu narasumber pertama, Habib Usman bin Yahya serta Kartika Putri, selaku tokoh Ulama kharismatik, Pimpinan Majelis bin Yahya Daarul Fadhilah Cisarua Bogor.” Narasumber kedua yaitu Akbar Zainudin selaku trainer, motivator dan penulis buku yang sudah menghasilkan banyak karya, dikenal sebagai Motivator Man Jadda wajada.

Peserta yang turut memeriahkan Web Seminar Online kali ini merupakan Dosen, Guru, Siswa dan Mahasiswa, dari berbagai sekolah dan Universitas.

Habib Usman bin Yahya mengatakan, “Pendidikan tidak boleh terhenti hanya karena pandemi.” Pembelajaran tetap harus dijalankan meski dalam keadaan yang seperti ini. Karena musibah ini tidak seharusnya membuat para pelajar atau mahasiswa semakin berleha-leha. “Justru keadaan ini seharusnya mampu membuat para mahasiswa lebih serius belajar karena setelah pandemi ini berakhir, masih ada kehidupan yang lebih panjang,” tambah Kartika.

Masih bersinggungan dengan materi pertama, Akbar Zainudin paparkan lima langkah sukses Man Jadda Wajada. Langkah demi langkah yang Akbar Zainudin bilang bahwa semuanya penting untuk dijalani dan dapat membuat hidup kita lebih terarah.

Satu, Know Your Self

Yaitu mengetahui kemampuan diri kita masing-masing. Langkah ini sangat penting, karena tidak semua orang mudah menemukan kemampuan dirinya. Semakin cepat kita tahu, maka akan semakin baik. Karena setelah kita tahu, kita akan fokus mengembangkan diri dalam bidang tersebut.

Dua, Have a Big Dream

Terkadang kita gagal bukan karena tidak mampu, tapi karena kita tidak berani bermimpi. Kita gagal bahkan sebelum memulainya, padahal mimpi adalah sesuatu yang dapat mengantarkan kita pada tujuan yang ingin kita gapai. Orang hidup itu karena masih memiliki harapan. Jika kita hidup tanpa impian, mau dibawa kemana hidup kita? Terombang-ambing tanpa arah. Seperti yang dikatakan oleh Habib Usman dan Kartika Putri bahwa hidup itu harus memiliki target. Agar setiap harinya ada yang mampu kita raih.

Tiga, Good Planning

Rencanakan dengan matang, selesaikan semua target tanpa meleset sedikitpun. Usahakan target kita tercapai pada waktu yang sudah kita tentukan bagaimanapun caranya. Untuk itulah, kita membutuhkan perencanaan dan target-target yang spesifik. Pada langkah ini, tidak lupa untuk tetap mengutamakan attitude. Karena attitudemu menentukan cara pandang orang lain terhadapmu.

Empat, Big Action

Jalankan! Terapkan prinsip, jika kita ingin hasil yang baik, bekerjalah di atas rata-rata. Lihat usaha orang-orang hebat di sekitarmu, dan berusahalah bekerja keras lebih dari mereka. Terkadang, hasil buruk adalah dampak dari usaha kita yang masih kurang.

Lima, Disiplin

Orang-orang sukses terlahir dari mereka yang disiplin terhadap waktu.

“Anda sukses itu bukan karena dosen dan bukan karena fasilitas kampus, tapi karena diri kalian sendiri. Mulai sekarang, mulailah membuat garis tegas antara masa depan dan masa lalu. Kalau kemarin-kemarin masih main-main dan membuang waktu, maka mulai sekarang susunlah target-target yang ingin diraih agar waktu kalian tidak lagi terbuang sia-sia,” tutup Akbar Zainudin. Menyisakan kobaran semangat bagi seluruh peserta yang menyimak pembicaraannya dari awal hingga akhir. (fkip)