Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor gelar Penutupan KKN-AKB FKIP 2020 secara daring via Zoom Meeting (31/8). Kegiatan penutupan ini dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran, Dekan FKIP UNIDA Bogor, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I. beserta jajaran dan diikuti oleh 206 mahasiswa FKIP UNIDA Bogor. Peserta KKN-AKB ini terbagi menjadi 45 kelompok serta dibimbing oleh 45 Dosen Pembimbing Lapngan (DPL) dan diselenggarakan di tempat tinggal masing-masing mahasiswa peserta KKN-AKB FKIP UNIDA Bogor karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Dekan FKIP UNIDA Bogor, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I. dalam sambutannya menyatakan bahwa KKN-AKB ini menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Terima kasih kepada pimpinan UNIDA Bogor yang telah mendukung berjalannya KKN-AKB 2020 ini dan terima kasih kepada DPL yang selalu mebimbing mahasiswa sehingga menghasilkan suatu program kerja yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Rasa bangga kepada mahasiswa peserta KKN-AKB FKIP 2020 ini, karena mahasiswa peserta sangat spesial dikarenakan KKN kali ini menyesuikan dengan kondisi pandemi tetapi tetap semnagat dalam menyelenggarakan program yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga dengan kegiatan ini, kita selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” ungkap Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I.

Modifikasi dalam pelaksanaan KKN ini diperlukan guna penyesuaian dengan pandemi Covid-19 saat ini, tetapi tidak mengurangi mutu dan semangat dalam pelaksanaannya. Seperti yang disampaikan oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya.

“Semoga dengan KKN-AKB FKIP 2020 ini kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan mahasiswa dapat belajar bagaimana hidup bersama dengan masyarakat. Untuk akademik diperlukan dokumen atau laporan KKN-AKAB ini, jika biasanya diadakan pameran untuk evaluasi tetapi sekarang diubah sesuai dengan keadaan pandemi dan protokol kesehatan. Tetapi hikmah dengan KKN di tempat tinggal masing-masing seperti saat KKN-AKB ini, kita dapat mengenal lebih dalam bagaimana kondisi tempat tinggal kita sendiri. Dengan KKN-AKB FKIP 2020 ini juga FKIP bisa menjadi pedoman untuk fakultas lain dalam pelaksanaan KKN daring,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Kegiatan Penutupan KKN-AKB FKIP 2020 ini diakhiri dengan pengumuman kelompok pemenang ketegori Pemanfaatan Media Sosial, Video Dokumenter Terbaik dan Program Kerja Terbaik.