Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) sukses selenggarakan Gema Musabaqah Pendidikan Al-Quran (GEMPAR) 2019. Bertempat di Gedung C Universitas Djuanda Bogor pada tanggal 18 Februari 2019. Acara GEMPAR 2019 yang di selennggarakan oleh mahasiswa dari FKIP Prodi Managemen Pendidikan Islam (MPI) khususnya berpanitiakan dari HIMMA MPI  ini merupakan bagian dari rangkaian Milad ke-32 Universitas Djuanda Bogor.

Seiring dengan pesatnya zaman di era Globalisasi ini maka semakin banyak orang yang melalaikan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia padahal bila dilihat lebih jauh Al-Quran merupakan jawaban dari setiap permasalahan di muka bumi ini, kesadaran mengenai betapa istimewanya Al-Quran itu belum disadari oleh kalangan manusia yang tidak peduli pada petunjuk bagi kehidupan saat ini, mengingat pentingnya AlQuran dalam kehidupan kita maka acara ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk membumikan AlQuran juga mengembangkan mengenai pendidikan AlQuran di dalam kompetisi ini. Oleh karena itu acara ini di isi oleh berbagai macam lomba yang bertemakan Al-Quran seperti lomba MTQ, Kaligrafi, English Debate dan Nasyid yang berpesertakan siswa-siswi 30 SMA dan SMK se-Bogor Raya, Sukabumi, Cinjur dan Depok.

Sadar pentingnya Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari baik itu di lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat sebagai pedoman hidup, oleh sebab itu FKIP menyelenggarakan acara ini, sebagaimana yang diutarakan oleh Dr. Amir Mahrudin, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pentingnya Al Quran bagi kehidupan manusia dan jadikanlah Al-Quran sebagai pedoman hidup karena berbagai masalah yang ada dikehidupan manusia akan terjawab dengan Al Quran, khususnya di dunia pendidikan sangat dianjurkan berpegang pada Al-Quran” tuturnya.

Tujuan dari acara ini ini adalah sebagai wadah untuk memperkenalkan Universitas Djuanda Bogor khususnya Prodi MPI kepada para siswa-siswi tingkat menengah atas baik SMA ataupun SMK dan bertujuan agar Al-Quran menjadi pedoman dalam segala aspek kehidupan terutama di dunia pendidikan. Seperti yang diutarakan.. selaku Ketua Pelaksana GEMPAR 2019.

“Acara GEMPAR ini adalah ladang juang untuk memperkenalkan MPI kepada seluruh masyarakat khususnya kepada siswa-siswi SMA maupun SMK yang akan melanjutkan studi nya di perguruan tinggi. Selain itu GEMPAR juga bertujuan menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam segala aspek kehidupan” tuturnya.