Fisipkom (Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer) gelar sosialisasi KKN (Kuliah Kerja Nyata) kepada mahasiswa prodi Sains Komunikasi dan Administrasi Publik pada 24-25 Mei 2022. Kegiatan yang dilaksanakan pada semester genap 2022 ini berlangsung di Fisipkom, Lantai 3, Gedung 3.14.

KKN yang bertema Pengembangan Kapasitas Kelembagaan dan Masyarakat Desa untuk Pertumbuhan Produktivitas Berbasis Media Digital yang Berkelanjutan Pasca Covid 19 dihadiri lebih dari 100 orang mahasiswa. Acara dilakukan secara luring pukul 13.00-15.30 WIB dan daring pukul 16.00-17.00 WIB. Hadir para pemateri yaitu Dekan, Wakil Dekan Akademik, Wakil Dekan Nonakademik, Ketua beserta Sekretaris, juga Kepala Laboratorium  Program Studi Sains Komunikasi dan Administrasi Publik.

“Mahasiswa menjaga tutur, tata, dan titah dalam  menghadapi masyarakat, perhatikan norma yang ada di masyarakat. Kita wajib menghormati norma yang ada di masyarakat. Misalnya ketika magrib masyarakat tidak keluar rumah, juga menyesuaikan,” ungkap Dekan Fisipkom Unida Ginung Pratidina dalam sambutannya.

Kegiatan bertujuan meningkatkan kapasitas mahasiswa untuk siap menghadapi masyarakat sebagai real life dan pendidikan sesungguhnya. Mahasiswa sebagai agen perubahan menjadi bagian dari scholar yang dianggap masyarakat sebagai orang yang banyak tahu tentang permasalahan hidup. Image ini melekat pada mahasiswa.

Saat pemaparan sosialisasi, Wakil Dekan Akademik Irma Purnamasari mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan dan menguji kedalaman mahasiswa untuk mempelajari keilmuan yang telah didapat di bangku perkuliahan.

Masing-masing ketua  prodi Administrasi Publik dan Sains Komunikasi turut memperkuat penyampaian pesan  dengan berbagai tema kecil KKN. Tema yang dapat dipilih antara lain pengembangan kelembagaan desa, peningkatan kapasitas aparatur desa, penguatan kemampuan komunikasi aparatur desa dan lembaga, pengembangan sistem dan jaringan komunikasi desa, serta penguatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terhadap tanggap bencana.

Sesi tanya jawab pun bergulir dengan teknis output yang harus dipertanggungjawabkan mahasiswa dalam menutup acara. Mahasiswa dituntut membuat dokumentasi berupa foto maupun video yang ditampilkan ke media sosial masing-masing mahasiswa. Pengabdian masyarakat melalui kegiatan KKN memiliki output artikel ilmiah bersama dosen pembimbing.

“Kegiatan KKN diharapkan mampu membangun jiwa sosial mahasiswa dan menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan mengembangkan diri melalui masyarakat dan lingkungan,” pungkas Ketua Program Studi Sains Komunikasi Unida Ali Alamsyah Kusumadinata.