Dalam rangka memperat silaturahmi dan menindaklanjuti perjanjian kerja sama, delegasi Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor yang dipimpin langsung oleh Rektor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, bersama dengan Penasehat Ahli Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) Bidang Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd, dan Sekretaris YPSPIAI Abi Syafii, SH., M.Kn mengunjungi Universitas Islam Bandung (UNISBA) pada Selasa (30/11/2021).

Selain Rektor dan unsur pimpinan YPSPIAI, delegasi UNIDA Bogor yang ikut serta dalam rombongan tersebut juga diantaranya Dr. (Cand). Nova Monaya, SH., M.Kn (Wakil Rektor II), Ir. Himmatul Miftah, M.Si (Wakil Rektor III), Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si (Direktur  Sekolah Pascasarjana), Dr. Sri Harini, M.Si (Kepala Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Institusi), Arti Yusdiarti, SP., MM (Ketua Lembaga Penjamin Mutu), Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH (Kepala Program Studi Magister Hukum), serta Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P (Kepala Biro Humas dan Protokoler).

Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Rektor dan pimpinan UNISBA yang telah menyambut delegasi UNIDA Bogor dengan sangat baik. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berharap pertemuan ini memberikan hasil yang dapat memberikan manfaat untuk saling mendorong maju bersama-sama.

“Alhamdulillah puji syukur bahwasanya pada hari ini kita bisa bersilaturahim kembali, pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan sebelumnya oleh Pak Chancellor. Selanjutnya sebagaimana yang disampaikan, tentunya berdasarkan MoU yang kita jalin harapannya dari pertemuan ini kita bisa sama-sama maju, ini menjadi hal yang resiprokal. Maka dari itu kami memandang kolaborasi menjadi suatu keharusan sehingga dapat berbagi hal yang positif dan bermanfaat untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris YPSPIAI Abi Syafii, SH., M.Kn mewakili Ketua Umum YPSPIAI Dr. H. Bambang Widjojanto, SH., M.Sc yang berhalangan hadir mengemukakan, UNIDA Bogor dan UNISBA memiliki kesamaan, yakni sama-sama menjadi perguruan tinggi yang bernafaskan Islam. Maka penting untuk itu bersinergi saling bekerja sama dalam membangun kebaikan.

“Atas nama YPSPIAI, mari kita memohon pada Allah SWT sebagaimana niat kami datang dari Bogor untuk sama-sama belajar dan saling berbagi pengalaman diantara UNIDA Bogor dan UNISBA yang memiliki banyak kesamaan, yakni sama-sama bernafaskan Islam. Kalau UNISBA memiliki motto 3 M, Mujahid, Mujtahid, Mujaddid, sementara di UNIDA Bogor kami memiliki motto Kampus Bertauhid, Menggenggam Dunia Meraih Akhirat.  Artinya secara output kita mengharapkan menghasilkan insan-insan yang berakhlakul karimah, tentu itu menjadi tujuan kita,” tuturnya.

Sementara itu, hadir menyambut delegasi UNIDA Bogor, Rektor UNISBA Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH mengatakan, kerja sama antara UNIDA Bogor dan UNISBA yang sudah terjalin sebelumnya perlu ditindaklanjuti untuk saling memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Pertemuan hari ini merupakan salah satu upaya untuk mengimplementasikan kerja sama yang dibangun tersebut.

“Alhamdulillah kita bisa bertemu bersilaturahmi yang Insyaallah pada pertemuan siang hari ini bisa menghasilkan hal yang konkret. Kita bisa saling bertukar informasi dan sharing pengalaman dalam rangka bina-membina kemitraan. Saya ucapkan selamat datang untuk rombongan UNIDA, insyaallah ini membawa kebaikan bagi kedua belah pihak,” ujar Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Penasehat Ahli Yayasan PSPIAI Bidang Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd juga mengutarakan bahwa implementasi kerja sama perlu ditindaklanjuti dengan membahas hal-hal yang spesifik dan teknis, khususnya terkait dengan kerja sama dalam pembukaan dan pengembangan program studi.

“Alhamdulillah sejak satu bulan yang lalu, saya bersama dengan Pak Dr. Martin selaku chancellor dan rombongan pada tempo hari lalu sama-sama berkunjung ke UNISBA bertemu dengan Pak Rektor membahas kelanjutan kerja sama, terutama keinginan bekerja sama dalam mendirikan kampus yang sama-sama bernafaskan ketauhidan, yang sama-sama memiliki visi bagaimana mengembangkan generasi umat islam menjadi betul-betul sumber daya yang berkualitas,” tukasnya.

Setelah sesi pembukaan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama membahas hal terkait dengan penguatan dan pengembangan program pendidikan dan pembelajaran yang dapat diimplementasikan.