Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK) Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menggelar Webinar Kewirausahaan bertemakan “Memulai Usaha Baru dari ‘Nol’ Hingga Menjadi Jutawan Menuju Indonesia Emas 2045”, pada Sabtu (18/6/2022) secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting. Webinar kewirausahaan ini mengundang Pendiri Oke Oce, Dr. Indra Cahya Uno, sebagai narasumber dengan diikuti oleh ratusan peserta secara terbuka.

Tian Setiawan selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi dalam sambutannya menuturkan, webinar kewirausahaan yang terselenggara merupakan salah satu program kerja dari divisi kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi. Sesuai dengan tema, webinar ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat guna dijadikan pembelajaran lebih lanjut agar dapat memajukan usaha yang dimiliki masyarakat.

“Adanya kegiatan webinar kewirausahaan ini bertujuan membina mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengembangkan bisnis agar mampu bersaing di dunia luar, serta meningkatkan kemampuan untuk memunculkan ide kreatif, inovatif dan mandiri dalam berwirausaha. Semoga ilmu yang nantinya kita dapatkan, bisa bermanfaat untuk kita pribadi dan juga untuk agama, bangsa dan negara. Ayo teman-teman mari kita bantu untuk memajukan perekonomian di negeri ini, dengan cara berwirausaha,” tuturnya.

Turut hadir memberikan sambutan, Kepala Program Studi Agroteknologi Yuliawati, S.P., M.Si mengatakan, para mahasiswa sebagai generasi muda memiliki peran penting untuk ikut serta dalam memajukan perekonomian. Ada banyak cara untuk berkontribusi tersebut, salah satunya ialah dengan menjadi wirausahawan sejak dini. Belajar mengelola dan mengembangkan sebuah bisnis agar dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

“Wirausahawan yang maju merupakan wirausaha yang dapat menjadi agent of change, yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu mahasiswa merupakan salah satu penentu perubahan perekonomian negara,” ujarnya.

Sementara itu pada sesi pemaparan materi, Dr. Indra Cahya Uno mengungkapkan, salah satu persoalan bangsa Indonesia saat ini ialah banyaknya pengangguran di usia muda. Pengangguran merupakan orang yang sedang mencari kerja dan sedang mencari kerja. Indonesia, sejak 12 tahun terakhir sudah memiliki jumlah pengangguran muda tertinggi di ASEAN.

Mengenai permasalahan tersebut, Dr. Indra Cahya Uno menyebutkan, salah satu cara sebagai solusi dalam mengatasi hal ini ialah dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan usaha, membuka usaha untuk mendatangkan penghasilan agar terhindar dari ancaman pengangguran sehingga dapat menciptakan satu lapangan kerja sendiri.

“Selain itu, seorang wirausaha harus mempunyai mindset tidak perlu mencari kerja, bahkan harus menciptakan lapangan kerja. Menjadi wirausahawan haruslah memberi manfaat untuk banyak orang, yang dimulai dengan membuat satu lapangan kerja untuk diri sendiri, kemudian apabila usaha mulai berkembang harus menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Terakhir, apabila usaha semakin besar harus menciptakan lapangan kerja untuk semakin banyak orang,” paparnya.