Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Study Exercise 2022 yang mengangkat tema “Make a Choice and Chase Your Dream” di Gedung C Universitas Djuanda (Unida) Bogor. Seminar dengan mengusung topik “Menjawab Kebingungan Mahasiswa Seputar Dunia Jurnalistik” digelar Rabu (18/05). Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Ka Prodi Sains Komunikasi dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) UNIDA Bogor.


“Kita semua membutuhkan informasi, baik sebagai penyampai maupun penerima informasi. Dunia jurnalistik merupakan gerbangnya berbagi informasi dalam bagian komunikasi yang multidisplin,” ujar Dra. Ginung Pratidina, M.Si selaku Dekan yang diwakili WD Non Akademik Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) UNIDA Bogor dalam sambutannya.


Antusiasme peserta mewarnai suasana seminar. Salah satu dosen Prodi Sains Komunikasi Unida Maria Fitriah, S.Sos., M.Si sebagai pembicara mengatakan, cara kita berbagi informasi yaitu dengan menulis. Menulis bukanlah bakat, melainkan suatu kebiasaan seseorang. Jangan menggantungkan diri pada mood, tetapi kita yang harus mengendalikan diri agar tetap dapat menghasilkan tulisan. Mulailah sekarang untuk menulis sebagai rutinitas kita. Keterampilan menulis harus diasah terus-menerus, jangan ditunda.


Ada pun materi-materi yang disampaikannya antara lain tips mahasiswa jurnalistik bak wartawan profesional, ciri kebiasaan mahasiswa jurnalistik, manfaat dunia jurnalistik bagi mahasiswa, masa depan mahasiswa jurnalistik, dan prospek lapangan kerja dunia jurnalistik. Para peserta silih berganti mengajukan pertanyaan demi pertanyaan.


Tidak hanya materi, seminar yang diselenggarakan di Gedung C Unida yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diisi juga dengan ice breaking berupa games dan praktik. Semangat mahasiswa sebagai para peserta yang Nampak minat terjun dalam dunia jurnalistik.