Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor kembali menyelenggarakan kajian. Pada kesempatan kali ini mengangkat topik Kajian Nalar dan Intelektual Bedah Film “Seaspiracy” yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting dengan diikuti oleh para mahasiswa Sains Komunikasi, Sabtu (23/10/2021).

Bedah Film merupakan sebuah kegiatan menonton film bersama-sama yang diakhirnya dilakukan diskusi mengenai alur proses serta makna pesan dalam film tersebut. Bedah film memiliki banyak dampak positif dimana menyediakan sebuah wadah apresiasi, sebagai ruang promosi, ruang komunikasi serta ruang motivasi. 

Ketua Pelaksana kegiatan kajian, Siti Sadiah Salsabila mengatakan, kajian nalar dan intelektual ini bertujuan untuk melatih kecerdasan mahasiswa dalam menangkap informasi, menyimpulkan sesuatu, dan menganalisis apa yang di lihat.

Siti Sadiah Salsabila berharap, dengan adanya kegiatan bedah film Seaspiracy ini dapat menjadi motivasi terkhusus bagi mahasiswa Sains Komunikasi untuk ikut andil dalam menjaga lingkungan. Langkah awal yang dapat dilakukan ialah dengan tidak membuang sampah sembarang dan melakukan sesuatu yang Eco-Friendly agar kelestarian bumi tetap terjaga.

“Alhamduilillah, sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman Kajian. Tak lupa juga teman-teman dari Program Studi Sains Komunikasi yang telah menyempatkan hadir di kegiatan kajian hari ini. Semoga Kajian hari ini berjalan lancar dan semoga apa yang disampaikan menjadi bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua HIMAKOM, Ryandhi Tritama Sutrisno mengungkapkan bahwasanya kegiatan kajian merupakan salah satu program yang rutin diselenggarakan oleh HIMAKOM. Tujuannya, untuk dapat menggali dan mengasah pola fikir kritis terhadap suatu hal, khususnya dari sudut pandang Sains Komunikasi.

“Kajian nalar dan intelektual yang pada kesempatan ini kita bersama-sama membedah film Seaspiracy merupakan acara yang bagus untuk membuka wawasan dan menyadarkan masing-masing diri kita untuk lebih baik,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Ketua HIMAKOM Nissa Dwi Anggraeni menyebutkan, dalam film Seaspiracy dijelaskan bagaimana proses kehidupan ekosistem laut. Jika diperhatikan mendalam, terdapat pesan-pesan yang perlu dipahami, yaitu menjaga ekosistem laut itu sendiri.

“Film Seaspiracy bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran kolektif, karena film ini menyadarkan kita untuk dapat menjaga ekosistem laut. Sebagai mahasiswa Sains Komunikasi kita bisa dengan mengkampanyekan, menginformasikan tentang menjaga lingkungan,” ungkapnya.