Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Naskah Perjanjian Kerja Sama (MoA) antara UNIDA Bogor dengan Universitas Darma Agung Medan yang dilaksanakan secara luring di Aula Senat UNIDA Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan pada Jumat, 20 Mei 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH, Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH beserta jajaran dan Rektor Universitas Darma Agung, Dr. Irene Silviani, MSP beserta jajaran. Kerja Sama yang dilaksanakan antara UNIDA Bogor dan Universitas Darma Agung mencakup implemetasi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martien Roestamy, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNIDA Bogor menyambut baik kerja sama ini dan diharapkan kedepannya dapat dikembangkan dan dapat dilaksanakan dengan baik. Walaupun pada dasarnya berbeda akan tetapi UNIDA Bogor dan Universitas Darma Agung itu bersahabat.

“Saya dulu merupakan dosen dari Universitas Darma Agung dan mengenal secara baik Universitas Darma Agung. Nantinya kita harus mengetahui implementasi kerjasama ini. Ada berapa orang dosen yang dapat melaksanakan pertukaran dosen dan sebagainya. Nantinya juga perlu dilaksanakan pertukaran jurnal sebagai mitra. Kedepannya diharapkan dijelaskan dalam poin-poin kerjasama dapat dilaksanakan oleh UNIDA Bogor dan Universitas Darma Agung,” tutur Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Selanjutnya Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH dalam paparannya menyampaikan pengenalan mengenai UNIDA Bogor. UNIDA Bogor didirikan pada tanggal 21 Maret 1987 atau saat ini sudah 35 tahun. Nama Djuanda ini diabadikan berdasarkan nama pahlawan yang berdarah Sunda yaitu Ir. Djuanda Kartawijaja sebagai perhormatan kepada pahlawan berdarah Sunda.

“UNIDA Bogor memiliki enam fakultas dan sekolah pascasarjana dan dalam jangka waktu dekat sedang merintis program Doktor Hukum. Diharapkan dengan pelaksanaan kerjasama ini dapat meningkatkan silaturahmi antara UNIDA Bogor dan Universitas Darma Agung serta dapat meningkatkan kualitas masing-masing terutama dapat saling mendukung dalam pelaksanaan MBKM. Semoga kerjasama ini diberikan keberkahan dan kelancaran oleh Allah SWT,” ungkap Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Darma Agung Medan, Dr. Irene Silviani, MSP dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah menerima kerjasama ini dengan sambutan yang hangat. Kedepannya kerja sama ini diharapkan bukan hanya di atas kertas tetapi dapat diimpelementasikan dengan kegiatan yang dilaksanakan bersama.

Wakil Rektor III Universitas Darma Agung, Ir. Lilis S. Gultom, MM., MMA menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama dan penyambutan dari UNIDA Bogor. Perlu diketahui dan mengenal juga Universitas Darma Agung yang lahir tahun 1957 dan terletak di pusat kota Medan.

“Universitas Darma Agung terdiri dari 21 prodi dari delapan fakultas dan lima program dari Pascasarjana. Kami harap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan tentu dapat dilaksanakan. Kedepannya diharapkan juga dapat melaksanakan studi banding dengan UNIDA Bogor untuk meningkatkan kualitas dan evaluasi dalam pembenahan Universitas Darma Agung,” pungkas Ir. Lilis S. Gultom, MM., MMA.