Wakil Rektor II Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menjadi narasumber dalam Webinar Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Esa Unggul bertemakan ?Melampaui Sustainabilitas, Merawat Kreativitas Pasca-pandemi,? Selasa (28/6/2022).

Dalam paparannya, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menyampaikan, pandemi Covid-19 yang terjadi berpengaruh besar pada seluruh aspek kehidupan, sehingga mengakibatkan beberapa perubahan yang mengharuskan untuk beradaptasi dengan kehidupan kenormalan baru atau new normal.

Untuk itu, diharapkan melalui webinar ini dapat memberikan inspirasi serta motivasi untuk tetap berkarya, berkreasi dan berinovasi dalam menjalankan kehidupan kenormalan baru tersebut.

?Saya bersyukur sekali dapat bertemu dengan Bapak/Ibu narasumber, para mahasiswa peserta webinar dari berbagai perguruan tinggi. Memang sangat menarik tema yang diangkat pada webinar ini, yaitu bagaimana kita dapat terus meningkatkan daya kreativitas setelah pandemi berlalu,? ujarnya mengawali paparan.

Dampak dari Covid-19 berpengaruh pada salah satunya sektor politik, sosial, budaya, hingga perkawinan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kemiskinan, angka putus sekolah yang juga meningkat, UMKM yang mengalami kerugian, serta perusahaan yang gulung tikar.

?Tingkat kemiskinan Indonesia sedikit turun dari 10,19% pada September 2020 menjadi 10,14% pada Maret 2021. Tetapi, angka ini masih lebih tinggi daripada kondisi sebelum pandemi,? ungkapnya.

Walaupun menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan jumlah kasus Covid-19 mengalami penurunan di setiap tahunnya, namun pada awal bulan Juni lalu sempat mengalami kenaikan jumlah kasus. Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk tetap dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Dalam hal ini pemerintah sudah mengupayakan berbagai strategi untuk pemulihan ekonomi dan berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai upaya untuk melindungi masyarakat.

Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menyebutkan, ada beberapa tindakan preventif berkelanjutan yang dapat dilakukan, antara lain berdoa, berusaha, istiqomah dan semangat, kemudian dengan berfikir positif dan rasional, serta menjalankan aktivitas dengan disiplin. Selain itu, yang harus dilakukan, ialah juga dengan memotivasi diri, tetap menjaga silaturahmi, lalu meningkatkan kualitas diri.

?Seperti dikatakan dalam hadist, amalan yang dicintai Allah SWT adalah amalan yang rutin dilakukan meskipun sedikit,? ujarnya.

?Pandemi ini tidak diharapkan, namun setiap permasalahan dan kejadian pasti ada hikmah dan momentum yang berharga. Maka, pasca-pandemi ini kita harus tetap bisa meng-update kemampuan diri, berfikir positif, mengikuti perkembangan teknologi informasi, silaturahmi diperluas, dan tebarkan kebaikan sekecil apapun,? tutur Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menambahkan.

Sebagai informasi, selain Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH, kegiatan Webinar ini juga menghadirkan narasumber lain, diantaranya Ir. Yodfiatfinda, Ph.D (Dekan Fakultas Sains, Teknik dan Desain Universitas Trilogi), Felix Oktarianto, S.Kom., MM (Head of Cooperation & Institutional Relations Faculty Member of Hotel Business Program Universitas Agung Podomoro), Dr. Ir. Lukas Beladi Sihombing, MT, MPU, M. ASCE (Dekan Teknologi dan Desain Universitas Pembangunan Jaya), Dr. Andry Masri, M.Sn (Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional Bandung), Dr. Zakaria S. Soeteja, M.Sn (Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia), Prof. Yudi Samyudia, Ph.D (Dekan Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetya Mulya), dan Salman Maulana, SSn., MDs (Dosen Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Esa Unggul).