Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, pada hari senin (29/03) melakukan kunjungan awal ke salah satu kampus bisnis dan ekonomi Hali? ?niversitesi yang berada di jantung kota Istanbul, Turki. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara UNIDA Bogor dengan MUSIAD Indonesia dan Biru Marmara Edukasi pada beberapa waktu yang lalu.

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyebutkan bahwa Turki merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan proyeksi UNIDA Bogor untuk dapat meningkatkan kerja sama luar negeri yang dibangun. Penandatangan MoU serta MoA dengan Hali? ?niversitesi ini merupakan sebuah implementasi tridarma perguruan tinggi sekaligus percepatan pencapaian visi serta misi untuk menjadi universitas riset dan diakui dunia.

Fokus utama dari kerjasama ini terletak pada dua kegiatan utama yakni kerja sama pada bidang riset, sesuai dengan tema yang ada pada masing-masing program studi di UNIDA Bogor maupun Hali? ?niversitesi, Turki. Kemudian kerja sama lainnya yaitu dalam seminar internasional yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh UNIDA Bogor.

?Jadi saya harapkan kunjungan ini bukan sekedar hanya MoU saja, tetapi mencari jalan dan celah untuk bersama-sama membangun peradaban manusia di Indonesia dan di Turki. Kami berharap Hali? ?niversitesi bisa menjadi keluarga besar kami yang baru, mudah-mudahan Allah memberikan keberkahan kepada kita semua atas kerjasama ini,? tutur Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Senada dengan yang disampaikan oleh Chancellor, Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyambut baik kerja sama yang terjalin. Lewat kerja sama yang ditanda tangani, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berharap ini menjadi sarana bagi kedua belah pihak mengembangkan dan meningkatkan institusi, khususnya melalui program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia.

?Ini juga terkait dengan program dari percepatan visi UNIDA, yakni menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia. Oleh Pak Chancellor kita didorong untuk bekerja sama dengan luar negeri, salah satu diantaranya adalah Turki. Mudah-mudahan dengan kerja sama dengan kampus Hali? ?niversitesi ini juga kita bisa menjadi awal yang baik untuk kerja sama dengan beberapa institusi yang ada di Turki, baik itu institusi pendidikan ataupun industri,? tambah Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Sementara itu Rektor Hali? ?niversitesi, Prof. Zaffer Utlu, Ph.D menyampaikan kebahagiannya bisa bekerja sama dengan UNIDA Bogor.

?Kami bahagia sekali bisa bekerjasama dan bersilaturahmi dengan Universitas Djuanda, InsyaAllah kita memiliki visi yang sama bahwa kita memang perlu dan harus mempersiapkan generasi ke depan untuk umat dan bangsa. Secara tataran praktisnya adalah nanti bagaimana kita membangun kerja sama antara Universitas Djuanda dengan Universitas Hali? di Istanbul,? sebut Prof. Zaffer Utlu, Ph.D.

?

Sumber: Press release/PR-BME & beritaturki.com