Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali selenggarakan kegiatan rutin mingguan Kajian Muslimah yang pada kesempatan kali ini diisi Dosen Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA, Ir. Noli Novidahlia, M.Si dengan tema “Mengonsumsi Makanan Halal dan Thayyib untuk Membentuk Akhlakul Karimah” di Masjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA pada Jumat, 21 Juni 2024.

Ir. Noli Novidahlia, M.Si dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam kehidupan sehari-hari akhlak sama dengan budi pekerti. Nabi Muhammad sebagai Nabi terakhir dan Nabi dengan ajarannya yang bertahan sepanjang masa memiliki salah satu misi untuk menyempurnakan akhlak manusia. Keagungan akhlak nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan bagi setiap manusia. Salah satu cara membentuk akhlakul karimah yaitu dengan mengonsumsi makanan halal, mengonsumsi makanan halal akan membentuk daging dan darah yang baik bagi manusia.

“Banyak cara untuk mengetahui makanan halal atau haram, terlebih saat ini dengan perkembangan zaman memberikan banyak opsi untuk mencari informasi, salah satunya dengan media sosial. Mengonsumsi makanan akan sangat berpengaruh pada pola pikir dan pola tingkah laku kita karena dengan makan makanan yang baik maka akan membentuk darah dan daging yang baik juga oleh karena itu sangat penting untuk kita mengkonsumsi makanan halal dan thayyib,” ungkapnya.