Dalam program KKN (Kuliah Kerja Nyata) mahasiswa belajar di luar kampus untuk secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah yang dihadapi masyarakat setempat, untuk itu mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam kelompok 15 turun langsung mengamati proses produksi tahu pada Rabu (27/07/2022) Di Desa Nyangkowek Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, mahasiswa mewawancari langsung pemilik UMKM. Tujuan kunjungan ini untuk memberikan gambaran, pengetahuan dan wawasan bagi Mahasiswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang ada sesuai dengan bidang yang ditekuni.

Pada sesi wawancara Eman Sulaeman selaku pemilik UMKM menceritakan sejarah awal terbentuknya UMKM tahu yaitu didirikan oleh orang tuanya sejak tahun 1970,sehingga saat ini Eman menjadi penerus. Selain itu, Eman juga memberikan informasi mengenai laporan keuangan yang diterapkan di UMKM miliknya, untuk dianalisis oleh mahasiswa dan diharapkan ada perbaikan yang berguna untuk kemajuan usahanya.

Pada kesempatan ini mahasiswa diajak untuk melihat kualitas hasil produksi,tempat produksi, serta proses produksi pembuatan tahu yang dimulai dari perendaman kedelai hingga proses penggorengan tahu.

“Senang sekali, dengan kunjungan ini menambah pengetahuan dan wawasan , disana saya mendapatkan berbagai informasi dari pemilik UMKM dan karyawannya, seperti pemilihan kacang kedelai dalam pembuatan produksi tahu juga mendapatkan informasi mengenai  pemasaran dan laporan keuangan yang dipakai oleh pemilik UMKM. Selain itu, saya juga dapat bersosialisasi dengan karyawan, sehingga saya mengetahui apa saja kendala dan solusi yang dihadapi oleh karyawan tersebut ketika melakukan proses produksi pembuatan tahu,” ungkap mahasiswa Sarah Siti Fauziah yang sangat antusias dalam kunjungan ini.