Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam kelompok 16 Kuliah Kerja Nyata (KKN) lakukan perkenalan dan Kunjungan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sektor perikanan Ikan Bawal pada (28/072022) di Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk belajar juga mahasiswa berbagi ilmu terkait sistem manajemen dan keuangan pada pengelolaan di UMKM Ikan Bawal.

UMKM ikan bawal milik H. Nurdin ini telah berdiri selama kurang lebih 13 tahun, H. Nurdin menceritakan usaha ini bermula dari ternak ikan lele, namun tidak berjalan lama. Karena sifat ikan lele yang kanibal jika tidak diberi makan, dengan begitu H. Nurdin beralih dengan mencoba melakukan pembesaran ikan bawal.

“Ikan bawal ini dapat bertahan hidup ketika ia tidak diberi makan. Pakan yang harus diberikan ke ikan bawal pun cukup mudah dengan jadwal makan 1x sehari. Pakan yang diberikan kepada ikan bawal ini pun cukup mudah dicari yaitu pelet ikan atau jeoran ayam. Saya datang langsung dari pemotongan daging ayam, khusus untuk membeli usus ayam dari salah satu penjual ayam di Depok, ia mengatakan bahwa membeli sisa usus ayam di penjual dan pemotongan ayam lebih hemat, dibandingkan dengan membeli pelet saat ini,” ungkapnya.

Diharapkan dengan program KKN mahasiswa di Desa ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kami mahasiswa maupun masyarakat sekitar.