Universitas Djuanda (UNIDA) jalin kerja sama internasional dengan Asta Research Center, Antananarivo, Madagascar yang digelar di Aula Gedung C UNIDA pada Rabu, 15 Mei 2024. Penandatanganan naskah kerja sama tersebut meliputi naskah Memorandum of Understanding (MoU) antara UNIDA dan Asta Research Center serta Momorandum of Agreement (MoA) antara semua fakultas yang ada di UNIDA, Sekolah Vokasi dan LPPM UNIDA dengan Asta Research Center.

Seremonial penandantanganan naskah kerja sama tersebut dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan International Conference on Legal Business, Public Policy, and Green Technology yang dihadiri oleh Chancellor UNIDA, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, Rektor UNIDA, Prof. Mohammad Ali Fulazzaky, Ph.D beserta jajaran.

Wakil Rektor IV UNIDA, Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si dalam sesi wawancara menyatakan bahwa kerja sama ini penting untuk dilaksanakan, Madagascar sendiri memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Indonesia dimana negara tersebut memiliki wilayah yang dikelilingi oleh perairan sehingga kerja sama dapat dilakukan dalam bentuk penelitian dalam bidang pengelolaan wilayah pesisir dan keluatan dengan pembangunan yang berkelanjutan. Pada prinsipnya kerja sama ini sangat luar biasa dilaksanakan sehingga UNIDA bisa memanfaatkan dan memperdayakan kerja sama tersebut untuk menjadi mutual benefit bagi kedua belah pihak.

Selanjutnya, Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UNIDA, Mega Febriani Sya, M.Pd menyampaikan bahwa kerja sama ini sangat penting untuk dijalin karena UNIDA bertujuan untuk menjadi universitas internasional maka kerja sama internasional seperti ini sangat diperlukan, semoga kerja sama ini dapat dijalin dan dapat juga diimplementasikan.

Adapun scope kerja sama yang akan dilaksanakan oleh UNIDA dan Asta Research Center yaitu Program mobilitas akademik, mengadakan konferensi dan seminar bersama, program pertukaran staf dan program kunjungan profesor, program pertukaran pelajar, kunjungan studi singkat dan program pelatihan untuk pelajar dan staf dan program kerjasama lainnya yang disepakati.