Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui Direktorat Pembelajaran selenggarakan Sosialisasi Learning Management System (LMS) Universitas Djuanda Center of Online Learning (UNIDA COOL) kepada mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 secara daring melalui zoom cloud meeting pada Sabtu, 19 September 2020.

COVID-19 saat ini yang masih mewabah di berbagai negara termasuk Indonesia menyebabkan hampir semua aspek dan bidang terdampak, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pada tahun ini, segala kegiatan pembelajaran yang dilakukan di insitusi pendidikan dilakukan secara daring. Hal ini guna mencegah percepatan dan menghambat penularan COVID-19.

Hampir semua di perguruan tinggi sistem pembelajaran dilakukan secara daring atau online, termasuk pada saat kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  yang beberapa waktu lalu pun dilaksanakan secara daring. Sistem pembelajaran daring yang baik perlu terlaksana agar proses pembelajaran dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Dalam hal ini, UNIDA Bogor sebagai salah satu 100 perguruan tinggi terbaik nasional telah memiliki sistem pembelajaran daring sejak lama yang diberi nama UNIDA COOL,  kepanjangan dari Universitas Djuanda Center of Online Learning.

Diungkapkan oleh Dr. Widyasari, M.Pd, Direktur Direktorat Pembelajaran UNIDA Bogor pada saat sosialisasi Learning Management System (LMS) UNIDA COOL kepada mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, terkait dengan sistem pembelajaran yang dilaksanakan secara daring, UNIDA Bogor telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh tersebut sebelum masa pandemi COVID-19.

“Syukur alhamdulillah UNIDA Bogor sudah siap dan memiliki LMS sendiri bahkan sebelum pandemi saat ini. UNIDA Bogor adalah pilihan yang tepat karena sudah siap dan matang dalam sistem pembelajaran daring, hal ini ditunjukkan dengan menjadi pemenang hibah pengembangan proses pembelajaran secara daring, hibah pengembangan mata kuliah terbuka dan materi terbuka selama 2 tahun,” tuturnya.

Lebih jauh Dr. Widyasari, M.Pd mengatakan, sistem pembelajaran daring bukan tanpa kendala. Banyak kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring baik itu dari sudut pandang mahasiswa maupun dosen itu sendiri. Perubahan proses dan evaluasi pembelajaran menjadikan harus  lebih adaptif dengan perkembangan zaman dan tuntutan saat ini.

Dr. Widyasari, M.Pd pun mengingatkan, sebagai insan akademis sudah sepantasnya dalam proses pembelajaran daring perlu memperhatikan tata cara atau ketentuan dan adab yang perlu dijalankan. Hal ini guna menjadikan proses pembelajaran daring terlaksana dengan baik.

Dalam proses pembelajaran daring ada adabnya, diantaranya bertanggung jawab, jujur, baik itu dalam proses pembelajaran maupun ujian. Lalu sopan santun, baik dalam lisan dan tulisan, serta tepat waktu dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,” ujarnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penjelasan tata cara menggunakan LMS UNIDA COOL oleh Kepala Bidang Networking UNIDA Bogor, Muhammad Encep, M.Kom. Mahasiswa baru dijelaskan tahap demi tahap dalam penggunaan LMS UNIDA COOL tersebut mulai dari akun hingga proses evaluasi.

“Dalam era digital ini memang perlu pembelajaran dalam sistem terlebih saat ini pandemi yang mengharuskan kita untuk belajar secara daring, dan LMS UNIDA COOL ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk proses pembelajaran jarak jauh atau daring bagi mahasiswa,” paparnya.