Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Kuliah Perdana 2019 yang bertemakan "Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik: Permasalahan dan Pengembangan ke Depan" (20/9).  Bertempat di Gedung C Universitas Djuanda Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh petinggi Universitas Djuanda Bogor yang diantaranya Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. selaku Chancellor UNIDA Bogor dan Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. selaku Rektor UNIDA Bogor serta Dr. Warih Sadono, SH., MM., MH. Selaku Narasumber sekaligus Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Dalam acara kuliah perdana 2019 Sekolah Pascasarjana UNIDA dihadiri oleh peserta yang berasal dari mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda Bogor. Kegiatan ini diharapkan mampu membekali mahasiswa yang akan memulai perkuliahan. Seperti yang disampaikan Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya, SH., LLM. selaku Direktur Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor.

"Acara ini diharapkan dapat membekali mahasiswa Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor dalam mengawali perkuliahan dan  Diharapkan keaktifan mahasiswa dalam acara khususnya di bagian diskusi sehingga acara ini dapat memberikan banyak manfaat yang positif," tutur Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya, SH., LLM. dalam sambutannya.

Dalam sambutannya Dr. Ir Dede Kardaya, M.Si. selaku Rektor UNIDA Bogor mengungkapkan bahwa tema transaksi elektronik ini sangat berkaitan dengan perkembangan zaman sehingga acara ini bertujuan menjadikan mahasiwa lebih bijak dalam penggunaan teknologi.

"Tema kali ini sangat berkaitan dengan perkembangan zaman saat ini dimana internet ada dalam segala segi kehidupan manusia. Sehingga internet berperan penting dalam kehidupan, maka dengan kuliah perdana ini mudah-mudahan bisa menjadikan para mahasiswa menjadi lebih bijaksana dalam penggunaan teknologi saat ini," ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Sedangkan Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. Menyampaikan bahwa mahwasiswa baru tidak berada dalam trmpat yang salah untuk menuntut ilmu karena kuliatas Universitas Djuanda Bogor sangat baik dan tidak diragukan kuliatasnya.

"Selamat datang mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda Bogor, mahawasiswa tidak salah memilih UNIDA untuk melanjutkan study karena UNIDA saat ini menduduki peringkat ke 4 PTS terbaik di Jawa Barat dan Banten serta ke 60 Perguruan tinggi terbaik se-Indonesia bahkan dalam riset UNIDA Bogor berperingkat 1 di Wilayah Jawa Barat dan Banten, tentu ini sesuai dengan visi UNIDA dan saya berharap mahasiswa dapat belajar dengan serius sehingga segala tujuan perkuliahan bisa dicapai," tutur Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Dalam penyampaian materinya, Dr. Warih Sadono, SH., MM., MH. menyinggung beberapa tujuan pemanfaatan teknologi informasi yang tercantum dalam UU ITE.

"Ada pun beberapa tujuan dari pemanfaatan teknologi informasi yang tercantum dalam UU ITE diantaranya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian masyarakat dunia, meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan publik, mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang untuk memajukan permikiran penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan memberikan rasa aman, keadilan dan kepastiaan hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi," ungkap Dr. Warih Sadono, SH., MM., MH.

“Jadi kesimpulannya adalah Jangan membuat, membagikan atau memberikan akses konten bermuatan kesusilaan, jangan sembarang mengancam, memeras dan mencemarkan nama baik seseorang, jangan sembarangan melakukan penyadapan, jangan melakukan perbuatan atau penyelenggaraan perjudian, jangan melakukan pencemaran nama baik, jangan menyebarkan berita hoax dan hindari hate speech atau ujaran kebencian,” pungkasnya.