Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN AKB) di masa pandemi ini. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, KKN di masa pandemi ini dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di daerah domisili masing-masing. Mekanisme ini memungkinkan para mahasiswa untuk melaksanakan KKN di seluruh Indonesia. Mahasiswa asing asal Thailand juga melaksanakan KKN di Negara asalnya tersebut.

Program KKN yang dilaksanakan pun menyesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing dan diselenggarakan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Walaupun dilaksanakan secara mandiri, para peserta yang memiliki domisili yang sama dimungkinkan untuk menyelenggarakan kegiatan dalam tim.

Salah satu tim KKN Universitas Djuanda di desa Babakanjaya Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi Jawa Barat menyelenggarakan Webinar (Website Seminar) dengan Tema "Strategi Belajar Mengajar Yang Tepat Dan Efisien Di Era New Normal" di Ruang Virtual Zoom pada hari Sabtu 8 Agustus 2020 kemarin. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai universitas seperti Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Semarang, Universitas Djuanda, Universitas Pakuan, Politeknik Negeri Bali, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Esa Unggul, dan masih banyak lagi. Selain mahasiwa dan dosen, peserta juga berasal dari kalangan guru dan kepala sekolah. Peserta seminar yang mengikuti seminar ini  berjumlah 150 orang.

Dalam laporannya, Annida Khuzaima Hakim sebagai Ketua Panitia Pelaksana memaparkan tentang kegiatan Seminar yang diadakan oleh tim KKN. Di masa pandemi yang terjadi saat ini tentu banyak membuat perubahan dalam berbagai bidang. Baik dalam dunia ekonomi, pariwisata bahkan juga dalam dunia pendidikan. Perubahan ini memaksa kita untuk dapat beradaptasi dan tetap melakukan kegiatan seperti semula hanya saja berbasis daring.

Dalam dunia ekonomi tentu hal ini tidak terlalu menjadi masalah lantaran pengiriman laporan dan meeting memang terkadang dilakukan secara daring. Lalu bagaimana dengan kegiatan pembelajaran yang juga mengharuskan kegiatan secara daring? Maka berkaitan dengan itu tim KKN mengadakan seminar dengan tema "Strategi Belajar Mengajar yang Efektif dan Efisien Di Era New Normal".

Ketua pelaksana dalam sambutannya berharap seminar ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para peserta.

Seminar ini menghadirkan Resti Yektyastuti, M.Pd sebagai narasumber. Beliau adalah dosen di program studi PGSD Universitas Djuanda Bogor. Dalam paparannya, beliau mengatakan pembelajaran yang efektif dan efisien dapat terjadi dengan adanya tiga hal yaitu kualitas pembelajaran, tingkat pembelajaran yang memadai dan waktu. Tidak ada suatu model pembelajaran yan efektif dan efisien yang dapat berlaku untuk segala kondisi. Oleh karena itu semua bergantung pada kondisi yang dihadapi dan kembali pada pelaksanaan di lapangan.

Dalam upaya menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan efisien tentunya harus memperhatikan hal- hal berikut, yang pertama mengajar dengan tulus hati, menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua, guru dan peserta pendidik, menggunakan media pembelajaran yang dapat diakses berulangkali, membuat kelompok kecil dan yang terakhir adalah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Seminar ini berlangsung tertib dan lancar dari pukul 09.00 wib hingga pukul 11.30 wib. Kegiatan seminar dikahiri dengan sesi foto bersama, yang tentus saja dilakukan secara virtual.