Universitas Djuanda (UNIDA) dan Plt. Bupati Bogor H. Iwan Setiawan lakukan audiensi terkait dengan tindaklanjut kerja sama dalam upaya memajukan kualitas pendidikan di wilayah Bogor, Rabu (31/05/2023) di Pendopo Bupati Bogor. Pertemuan ini turut dihadiri oleh para pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, diantaranya Kepala Bappedalitbang, Kepala Dispora, Kepala Disdik, Kepala BPKAD, Kepala DAPD serta tamu undangan lainnya.

 

Sementara itu tim UNIDA dipimpin langsung oleh Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D, beserta para Wakil Rektor, para Dekan, Kepala Bidang Sekretariat dan Tata Usaha Universitas, Kepala Biro Promosi dan Humas, serta Kepala Bagian Inkubator Bisnis dan Pengembangan Usaha.

 

Dalam pembukaannya, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menyampaikan bahwasanya UNIDA memiliki visi menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia. UNIDA berkomitmen untuk mencetak SDM unggul yang memiliki 21 nilai karakter tauhid sebagai ciri khas.

 

“Universitas Djuanda dengan tagline Kampus Bertauhid menjadikan nilai tauhid sebagai napas, pondasi dan visi. Pengkajian dan penerapan tauhid dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran telah terlaksana melalui pemeriksaan rencana pembelajaran semester berbasis tauhid yang terintegrasi 21 nilai karakter tauhid pada kurikulum di semua Program Studi,” tutur Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D mengawali pembukaan.

 

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D memaparkan, saat ini UNIDA memiliki 20 program studi yang terdiri dari 17 program studi sarjana dan 3 program studi Sekolah Pascasarjana. Program studi tersebut diantaranya adalah Agribisnis, Akuakultur, Peternakan, Agroteknologi, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komputer, Sains Komunikasi, Administrasi Publik, Hukum, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Magister Hukum, Magister Teknologi Pangan serta Magister Administrasi Publik.

 

Dalam kesempatan ini Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas program beasiswa Pancakarsa yang diinisiasi oleh Pemkab Bogor. Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D berharap ke depan, UNIDA dan Pemkab Bogor dapat terus bersinergi, bekerja sama secara konkrit membangun dan memajukan Bogor, khususnya dalam sektor Pendidikan.

 

“Pada pertemuan ini, saya selaku Rektor Universitas Djuanda mengucapkan terima kasih atas program dari Pemerintah Kabupaten Bogor yang menginisiasi Beasiswa Pancakarsa sebagai jembatan akses pendidikan tinggi bagi anak muda Bogor yang berprestasi. Mudah-mudahan, silaturahmi ini bisa membuat UNIDA dan Pemkab Bogor semakin akrab dan dekat. Mari sama-sama bergandeng tangan untuk kemajuan pendidikan di wilayah Bogor,” ujar Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D.

 

Kemudian, Plt. Bupati Bogor H. Iwan Setiawan dalam sambutannya menuturkan, UNIDA merupakan perguruan tinggi pertama yang berdiri di Kabupaten Bogor. Sehingga secara emosional hubungan antara Pemkab Bogor dan UNIDA harus lebih dekat untuk saling mendukung dan menguatkan program dalam hal memajukan Kabupaten Bogor.

 

“Kerja sama yang sudah dibuat harus ada tindaklanjut dan bukan hanya MoU di satu bidang saja, kita ini banyak program yang membutuhkan peran serta universitas. Secara emosional, UNIDA menjadi universitas pertama di Kabupaten Bogor. Oleh karena itu, saya ingin Universitas Djuanda ini menjadi universitas kebanggaan Kabupaten Bogor, sebagai garda terdepan membantu pemikiran-pemikiran, khususnya untuk mengembangkan dunia pendidikan di Bogor,” tuturnya.