Writing Center Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor (WCU) selenggarakan Meet The Chancellor and Rector yang merupakan kegiatan lanjutan bulanan dari program Akselerasi Publikasi (AKSI) digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings (21/06). Dalam kegiatan ini diisi oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH, Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, Ketua WCU, Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D. dan diikuti oleh dosen di seluruh fakultas yang ada di UNIDA Bogor.

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. dalam pemaran materinya menyatakan bahwa UNIDA Bogor memiliki “Tauhid” sebagai modal dan kekuatan untuk lebih mencapai tujuan dan memajukan UNIDA Bogor. UNIDA Bogor memiliki visi jangka panjang yaitu menjadi universitas entrepreneur yang menyatu dalam tauhid dan berdaya saing internasional pada tahun 2045 dan UNIDA Bogor juga di tahun 2045 bertujuan akan menjadi Entrepreneur University tahun 2045, dalam roadmap UNIDA Bogor menuju Entrepreneur University pada tahun 2045 yang pertama pada tahun 2021-2026 menjadi proses pemantapan, kedua pada tahun 2026-2031 menjadu Research University (Nasional), tahap ketiga tahun 2031-2036 menjadi Research University (Internasional), tahap keempat pada tahun 2036-2041 yaitu menjadi Entrepreneur University (Nasional) dan tahap kelima pada tahun 2041-2045 menjadi Entrepreneur University ( Internasional).

“Dalam proses di tahun 2021-2026 yang dimana menjadi proses pemantapan yang di dalamnya terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) UNIDA Restra 2021-2026 di dalamnya terdapat Publikasi Jurnal Internasional yang dimana ini menjadi tugas utama dosen dan diharapkan seluruh dosen di UNIDA Bogor selalu mengutamakan publikasi terutama publikasi internasional yang dimana sangat diperlukan baik oleh dosen maupun perguruan tinggi. Dalam bobot indicator klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 dimana dosen memberikan bobot yang cukup signifikan untuk klasterisasi perguruan tinggi oleh karena itu sebagai dosen alangkah baiknya selain mengajar tentu dosen juga memiliki tugas untuk riset dan publikasi, dan UNIDA Bogor mengajak seluruh dosen untuk selalu melakukan riset dan juga tentunya untuk publikasi terutama publikasi internasional,” ungkap Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam pemaparan sambutannya menyatakan menulis sangat penting terutama bagi dosen karena menulis adalah tugas dosen selain mengajar dan tentunya setelah menulis atau riset lalu dosen mempublikasinnya terutama dalam publikasi internasional yang sangat besar manfaatnya baik bagi dosen, universitas dan juga masyarakat tentunya.

“Mari kita sebagai dosen hendaknya selalu menulis dan publikasi tulisan kita karena jika ingin mengenal dunia, membacalah dan jika ingin dikenal dunia, menulislah oleh karena itu kita sebagai dosen UNIDA Bogor hendaknya menulis dan publikasi tulisan kita terutama dalam publikasi internasional agar sesuai dengan visi UNIDA untuk diakui dunia. Banyak manfaat publikasi yang kita dapatkan diantaranya diseminasi hasil riset, berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan, ajang promosi dan networking, meningkatkan reputasi universitas (top world university) serta untuk penghargaan lainnya seperti penghargaan dari DIKTI, universitas, credit point dan lainnya,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Ketua WCU, Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D. menyatakan dalam pemaparannya tindak lanjut dari program AKSI yang diusung oleh WCU adalah kegiatan kali ini yaitu Meet the Chancellor and Rector yang diagendakan setiap bulan yang dimana nantinya ada pengarahan dan evaluasi serta pemaparan materi dari Chancellor maupun Rektor UNIDA Bogor.

“Kegiatan lainnya yang merupakan bagian dari program AKSI diantaranya membuat grup publikasi di dalam aplikasi WhatApps untuk setiap kelas Jabatan Fungsional atau Jafung yang setiap grup akan dibagi menjadi paling banyak lima penulis untuk satu manuscript dan setiap bulan ada pelaporan kemajuan manuscript dari setiap kelompok di setiap kelas,” pungkas Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D.