Sabtu (5/1), lebih dari 100 mahasiswa PGSD FKIP Universitas Djuanda tampak antusias mengikuti pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan program komputer Lectora Inspire. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai luaran dari mata kuliah pengembangan media pembelajaran SD. Tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan program komputer Lectora Inspire.

Bertempat di Gedung B lantai 2 Universitas Djuanda, pelatihan diikuti oleh seluruh mahasiswa PGSD semester 3 dengan dibagi ke dalam 2 sesi pelatihan. Sesi pertama dilaksanakan pukul 09.00-11.30 WIB dilanjutkan sesi kedua pukul 13.00-15.30 WIB. Pelatihan yang menghadirkan narasumber Resti Yektyastuti, M.Pd ini diawali dengan pemberian motivasi dan brainstorming lalu dilanjutkan dengan pengenalan fungsi-fungsi pada program Lectora Inspire. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan media pembelajaran interaktif sehingga menghasilkan luaran berupa aplikasi media pembelajaran interaktif yang dapat dioperasikan pada komputer.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Direktur Direktorat Pembelajaran dan Hilirisasi Universitas Djuanda, Ibu Dr. Widyasari, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menambah wawasan, pengalaman, dan keahlian peserta dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagai bekal menjadi seorang guru. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa sebagai bekal menjadi guru milenial. Seluruh wawasan dan pengetahuan yang diperoleh dapat menambah pengalaman dan keahlian dalam mengembangkan media pembelajaran. Selain itu, sertifikat yang diperoleh dapat menunjang rekam jejak pengalaman mahasiswa yang akan ditampilkan dalam surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) nantinya”, jelasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua program studi PGSD Universitas Djuanda, Bapak Teguh Prasetyo, M.Pd., serta seluruh dosen pengampu mata kuliah pengembangan media pembelajaran SD. Luaran dari kegiatan ini berupa aplikasi komputer media pembelajaran interaktif akan dilombakan dan dipamerkan bersama dengan media pembelajaran sederhana dalam kegiatan Seminar Nasional Pembelajaran SD yang insyaAllah akan dilaksanakan pada 30 Januari 2019 mendatang.