Dalam rangka melaksanakan Kuliah Kerja Nyata berbasis Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN AKB), Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan Webinar Nasional yang ke-2 dengan tema “Menulis Artikel Ilmiah Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat” pada Senin (31/08/2020) melalui media virtual zoom cloud meeting dan live streaming youtube.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara FKIP UNIDA Bogor dengan Pusat Studi Pengembangan Mutu Pendidikan (PUSPAMDIK). Hadir sebagai keynote speaker yaitu Teguh Prasetyo, M.Pd selaku Wakil Dekan 1 FKIP UNIDA Bogor serta turut mengundang Dr. Iman Subasman M.Si selaku direktur PUSPAMDIK sebagai narasumber pertama, dan Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd selaku DPL KKN AKB 12 sebagai narasumber kedua.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu unsur dari tridarma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian. Dalam hal ini, pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk berbagi hasil riset atau inovasi guna memberikan solusi atas permasalahan di masyarakat. Ini menjadi salah satu budaya akademik yang harus dimiliki oleh Perguruan tinggi.

Teguh Prasetyo, M.Pd dalam pemaparan materinya menyampaikan, perguruan tinggi memiliki peran penting dalam menciptakan budaya akademik sebagai upaya membangun dan mengembangkan peradaban masyarakat dan bangsa secara keseluruhan.

“Budaya akademik yang bisa kita kembangkan adalah salah satunya dengan cara menulis. Selain kita melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian, sebagai seorang akademisi kita harus mampu menuangkan bidang keilmuan kita ke dalam bentuk karya ilmiah sehingga kita ikut berkontribusi dalam menciptakan budaya akademis tersebut yang tujuannya adalah untuk masyarakat,” tuturnya.

Pada pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh Dr. Iman Subasman, M.Si, menjelaskan tentang filosofi pengabdian kepada masyarakat, bagaimana sebuah karya ilmiah merupakan hal terencana dari sivitas akademika perguruan tinggi dalam membangun peradaban masyarakat.

“Karena ini kegiatan ilmiah, maka kegiatannya itu harus menggunakan langkah-langkah yang logis. Ini terkait dengan memahami kondisi yang ada di masyarakat, yang kemudian kita berikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd memaparkan tentang bagaimana teknik menulis artikel ilmiah pengabdian kepada masyarakat. Lebih jauh, Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd menyebutkan bahwa belajar cara menulis artikel ilmiah menjadi hal yang sangat penting, hal ini dikarenakan semua mahasiswa yang melaksanakan KKN harus membuat artikel ilmiah sebagai salah satu luaran dari kegiatan KKN yang dijalankan.

“Kegiatan pelatihan ini tentu sangat bermanfaat untuk memberikan bekal kepada mahasiswa FKIP khususnya dan umumnya kepada seluruh pemerhati pendidikan tentang apa landasan melakukan pengadian kepada masyarakat dan bagaimana menuliskan hasil pengabdiannya dalam bentuk artikel yang akan di publish di jurnal. Ini penting, karena semua mahasiswa KKN harus membuat artikel ilmiah sebagai salah satu luaran KKN-nya,” ujar Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd yang juga merupakan Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Barat tersebut.

Adapun kegiatan webinar nasional ini di ikuti oleh sekitar 769 peserta yang berasal dari berbagai wilayah mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Bali, Makasar, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Aceh, Palembang, Padang, Manado, Medan, Lampung, Samarinda, Gorontalo, Banten, Batam serta ada juga peserta dari Malaysia dan Pakistan. Peserta terdiri dari unsur dosen, guru, bidan, dokter, mahasiswa maupun pelajar.