Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali selenggarakan kegiatan rutin mingguan Majelis Tasbih di Majelis Baitul Hamdi (MBH) UNIDA pada Jumat, 31 Mei 2024. Majelis Tasbih kali ini diisi oleh Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA, Dr. Ir. Helmi Haris, MS yang menyampaikan materi yang bertemakan "Ilmu Pangan dalam Perspektif Islam".

Dr. Ir. Helmi Haris, MS dalam penyampaian materinya yang bertemakan Ilmu Pangan Halal dalam Perspektif Islam dengan fokus Pengolahan Hasil Perikanan menyampaikan bahwa landasan dalam pengelohan hasil perikanan dalam Islam terdapat dalam QS. An-Nahl ayat ke-4 yang dimana Allah memerintahkan manusia untuk bisa memanfaatkan semaksimal mungkin perairan yang ada di dunia apakah itu sebagai sumber makanan atau produk-produk lainnya seperti perhiasan. Dan dalam QS. Al-Maidah ayat ke-96 menjelaskan hasil laut termasuk hasil perikanan itu dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dengan catatan tidak mengekspoitasi secara berlebihan dan tetap menjaga kelestarian alam.

“Pengolahan hasil perikanan tentu harus halalan tayyiban sesuai syariat Islam, yang dikatakan halalan tayyiban yaitu produk perikanan yang bahan bakunya halal dan yang jadi masalah biasanya bukan ikannya akan tetapi bahan-bahan tambahan dalam pengolahan maka dari itu harus diperhatikan. Lalu  proses produksi agar halalan tayyiban harus secara ajaran islam dan lingkungan dalam dalam proses pengelolaannya harus sesuai. Dalam menggunakan nama-nama untuk produk perikanan juga harus dinamai dengan nama-nama yang baik serta produk harus tayyib yaitu produk harus bermanfaat bagi kebutuhan manusia,” ungkapnya.


Pemaparan lebih lanjut mengenai "Ilmu Pangan dalam Perspektif Islam" yang disampaikan oleh Dr. Ir. Helmi Haris, MS ini dapat disimak kembali secara online melalui tautan berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=HMGVhQKruQ8